Agrowisata Krisan Kulonprogo Terima Bantuan PLN Peduli

Agrowisata Krisan Kulonprogo Terima Bantuan PLN PeduliPLN Peduli kembali memberikan bantuan pengembangan kepada Agrowisata Krisan di Kulonprogo - Ist/PLN
05 Oktober 2021 11:47 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-PLN Peduli kembali memberikan bantuan pengembangan kepada Agrowisata Krisan. Bantuan yang diberikan berupa instalasi listrik untuk penyiraman, penerangan, pompa air serta peralatan produksi pertanian lainnya.

Simbolis penyerahan bantuan dilakukan pada, Senin, (27/9/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Fakultas Biologi UGM Pengabdian Masyarakat, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian, Kepala Dinas Pertanian diwakili oleh Kabid Horti, Lurah Gerbosari Asosiasi Krisan, BumDes Gerbosari, dan perangkat Desa Gerbosari lainnya.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian diwakili oleh Kabid Horti, Yuliwati menyampaikan apresiasi kepada PLN yang sejak 2018 telah memberikan bantuan kepada Agrowisata Krisan.

“Program ini bukan hanya charity melainkan pemberdayaan secara berkesinambungan yang sangat bermanfaat bagi petani krisan,” ujarnya.

Senada dengan Yuliwati, Dwi Umi Utami dari Fakultas Biologi UGM berharap bantuan tersebut dapat memberi dampak besar bagi budidaya krisan.

Baca juga: PPKM Level 1-3 Diperpanjang Tapi Sudah Boleh Makan & Minum di Bioskop

“Kami mendampingi Krisan sejak tahun 2016, dengan penelitian yang telah dilakukan dalam pemupukan dan pemenuhan standar panen pada pasar bunga, diharapkan dapat diaplikasikan secara tepat oleh petani dan dapat memberikan dampak besar pada budidaya krisan, ditambah dengan bantuan electrifying agriculture dari PLN, tentu pemanfaatan energi listrik dapat semakin meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Dwi.

Ahmad Mustaqir selaku Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta menjelaskan Program Electrifying Agriculture dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Melalui program Electrifying Agriculture PLN menghadirkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan layanan listrik dengan mudah. Selain pertanian, Electrifying Agriculture juga membantu petani dalam perikanan, peternakan dan perkebunan,” tambah Ahmad.

Agrowisata Krisan merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Wisata ini menawarkan keindahan bunga krisan sebagai ikon Desa Gerbosari. Pada tahun 2019 Agrowisata Krisan menyabet peringkat ke 2 CSR Award yang diikuti seluruh unit PLN se-Indonesia.

Menjadi bagian dari binaan PLN Peduli semenjak tahun 2016, bantuan yang telah diterima Agrowisata Krisan berupa pembangunan fasilitas toilet, mushola, kedai, lampu taman, dan penerangan jalan.

Pada acara tersebut disampaikan juga sosialisasi PLN Mobile dan para undangan menginstall aplikasinya untuk kemudahan layanan listrik dalam genggaman. (ADV)