Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Jadi Pengusaha Kos-kosan

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Jadi Pengusaha Kos-kosanRumah indekos - Istimewa
18 Oktober 2021 15:07 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Rumah indekos atau kos-kosan sangat dibutuhkan terutama di daerah perkotaan ataupun di daerah dekat kampus. 

Dengan menerapkan beberapa tips dan strategi yang baik, bisnis kos-kosan dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda. Bisnis ini termasuk dalam bisnis properti dan terbukti dapat memberikan hasil.

Selain itu, hal ini mengingat dengan penerapan tatap muka dalam bekerja atau kuliah, walaupun tidak sepenuhnya. Anda dapat mempersiapkan bisnis ini, sambal menunggu kasus Covid-19 di Indonesia sudah sangat menurun.

Untuk tipsnya, berikut 8 tips yang dapat Anda terapkan dalam mempersiapkan bisnis kos-kosan, yang dilansir dari berbagai sumber dan telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Lakukan riset

Dalam tahapan ini, pilihlah lokasi yang strategis. Anda perlu melakukan survey pada beberapa lokasi dan pastikan apakah lokasi tersebut dekat dengan perkantoran, lingkungan kampus, atau dekat dengan pusat pemberlanjaan. Dengan lokasi yang strategis, maka penyewa akan menjadi lebih banyak dan memiliki harga sewa yang lebih bersaing.

2. Perhatikan harga dan fasilitas

Pastikan fasilitas yang Anda tawarkan sesuai dengan harga yang juga Anda tawarkan. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan harga sewa yang cukup tinggi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Contohnya seperti telah menggunakan AC, kamar mandi dalam, memiliki water heater, keamanan yang tinggi, parkiran yang luas, dan lain-lainnya. Pastikan Anda memberikan fasilitas yang sesuai dengan target market Anda.

3. Pastikan harga kos sesuai dengan rata-rata

Selain dengan memperhatikan fasilitas, Anda juga perlu memperhatikan harga kos yang Anda tawarkan sesuai dengan harga pasar. Hindari harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Hal ini agar para calon kos tidak beralih dari kos-kosan Anda.

4. Perhatikan tampilan dan kebersihan kos Anda

Kedua hal ini menjadi hal yang dapat menarik perhatian para calon kos. Dengan tampilan yang indah pada kos Anda dan selalu memperhatikan kebersihan kos Anda akan menjadi poin penting dalam kenyamanan. Hal ini juga menjadi poin penting bagi para calon kos.

5. Memperhatikan keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu aspek yang penting untuk Anda. Anda bahkan juga perlu memperhatikan hal ini saat melakukan survey lokasi. Selanjutnya Anda dapat menerapkan peraturan khusus seperti hanya untuk gender tertentu dan menerapkan penjaga kos yang memiliki sifat seperti security.

6. Berikan pelayanan khusus

Dengan memberikan pelayanan yang berbeda, maka kos-kosan Anda dapat menjadi pertimbangan bagi para calon kos. Hal ini meliputi memberikan fasilitas laundry, layanan untuk mengantar para mahasiswa ke tempat kos dan lain-lainnya.

7. Ramah dengan penghuni kos yang lain

Walaupun Anda berbisnis kos yang akan bersaing dengan kompetitor lainnya, maka Anda perlu bersikap ramah dengan lainnya. Hal ini agar Anda dapat saling merekomendasikan, terutama jika kos-kosan Anda penuh.

8. Iklankan kos-kosan Anda

Anda dapat mengiklankan kos-kosan Anda di internet dan di sosial media Anda. Hal ini dikarenakan majunya jaman teknologi dan banyaknya orang yang mencari kos-kosan melalui internet. Anda juga dapat mendaftarkan kos-kosan Anda di situs khusus untuk memasarkan kos.

Sumber : JIBI/Bisnis.com