Ini 5 Langkah Penting Sebelum Memilih Asuransi

Ini 5 Langkah Penting Sebelum Memilih AsuransiIlustrasi memilih asuransi yang sesuai kebutuhan. - Freepik
12 November 2021 05:17 WIB Annasa Rizki Kamalina Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Memilih perusahaan asuransi butuh kecermatan. Produk asuransi tak hanya mencakup asuransi jiwa, tetapi juga sosial dan harta. Ada puluhan perusahaan asuransi di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda.

Beragamnya jenis asuransi menjadikan perusahaan tersebut tidak kehilangan pangsa pasarnya. Beberapa orang mungkin memilih perusahaan asuransi swasta daripada pemerintah untuk mengamankan keuangan keluarga dan masa depan.

Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan saat mencari perusahaan asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan seperti dikutip dari India Times, Kamis (11/11/2021).

1. Harga

Gunakan bantuan web aggregator untuk membandingkan harga dan berbagai biaya yang terlibat dalam polis atau polis yang Anda minati. Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih menawarkan harga yang melengkapi rencana keuangan Anda dan Anda tidak melampaui anggaran sendiri.

2. Track record

Sejarah perjalanan suatu asuransi wajib diselidiki. Kasus perusahaan asuransi di Indonesia tidak hanya sekali terjadi dan menjadi ketakutan bagi banyak orang.

Lihatlah hal-hal seperti rasio penyelesaian klaim yang tersedia dan peringkat perusahaan asuransi yang tersedia di situs web masing-masing perusahaan, kemanjuran platform online (jika Anda ingin membeli polis Anda secara online), jaringan dan jangkauan perusahaan.

Jika Anda mempertimbangkan produk investasi seperti Unit Linked Plan atau ULIP, pastikan Anda memeriksa kinerja reksa dana secara online. Carilah perusahaan yang menyediakan ULIP yang memiliki kinerja stabil dan pasti dalam pengembaliannya.

3. Pelayanan

Memperhatikan pelayanan dari suatu perusahaan juga merupakan faktor penting saat memilih asuransi. Pelayanan yang baik aka memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Cari tahu apakah mereka tersedia untuk menjawab pertanyaan baik melalui telepon atau secara langsung. Apakah mereka sabar dalam pendekatan mereka atau apakah mereka tampak terlalu sibuk untuk melakukan promosi penjualan tanpa memahami kebutuhan finansial Anda? Buatlah pilihan.

4. Hitung dana yang akan diasuransikan

Semuanya bermuara pada tumpukan kuningan ketika harus memilih perusahaan asuransi. Periksa angka-angka penting seperti total aset, pangsa pasar dan rasio pertumbuhan dalam premi bisnis baru untuk menilai apakah ia memiliki kemampuan finansial untuk memenuhi klaim Anda, jika Anda perlu membuatnya.

5. Ulasan

Menanyakan suatu perusahaan asuransi kepada kerabat yang pernah menggunakannya menjadi pilihan terbaik. Biarkan ia memberikan ulasan untuk mengetahui sejauh mana kecocokan perusahaan tersebut untuk Anda.

Selain itu, perhatikan jumlah keluhan atau ulasan buruk yang mungkin dimiliki perusahaan. Meskipun beberapa di antaranya mungkin palsu dan dihasilkan oleh persaingan.

Sebelum membuat keputusan, bijak dan teliti dalam memilih asuransi untuk melindungi Anda dan keluarga. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com