Advertisement

Archipelago International Gelar Barista Competition di Royal Malioboro By Aston

Media Digital
Kamis, 09 Desember 2021 - 10:47 WIB
Sunartono
Archipelago International Gelar Barista Competition di Royal Malioboro By Aston Archipelagi International Gelar Barista Competition di Royal Malioboro By Aston. - Ist

Advertisement

Archipelago International menggelar acara Yogyakarta Barista Competition pada Rabu, 8 Desember di Pagilaran Lounge, Royal Malioboro by ASTON, dengan mengundang barista dari seluruh jaringan hotel Archipelago International di area Jawa Tengah dan DIY dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Archipelago International adalah grup manajemen hotel swasta dan independen terbesar di Asia Tenggara yang memayungi beberapa hotel, diantaranya Royal Malioboro by ASTON. Dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Ibu Yetti Martanti, acara tersebut sukses digelar mulai pukul 12.00 - 17.00.

Advertisement

Adapun salah satu kompetisi yang dipertandingkan adalah lomba meracik kopi dengan menggunakan bahan rempah. Seperti kita tahu, rempah-rempah menjadi awal mula datangnya bangsa-bangsa eropa ke Nusantara dan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi. Sehingga perpaduan rempah dan kopi menjadikan citarasa khas Indonesia dan khususnya Jogja. Selain itu, gastronomi berupa kopi dan rempah-rempah berperan sebagai diplomasi budaya.

Dua kompetisi yakni Blackbox Mocktail dan Coffee Art diadakan untuk meningkatkan keterampilan para Barista Archipelago International di area Jawa Tengah dan DIY sekaligus meningkatkan produk racikan kopi yang disuguhkan di hotel-hotel jaringan Archipelago International. Selain itu, diadakan juga kegiatan CSR yakni membagikan kopi rempah, jus dan healthy kit berisi masker, tisu disinfektan dan hand sanitizer sebanyak 400 buah kepada pedagang dan pengayuh becak di area Malioboro.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang kami adakan setelah pandemi berlangsung. Dari kegiatan ini diharapkan jiwa kompetisi dan keterampilan dari seluruh Barista di hotel jaringan manajemen Archipelago International di area Jawa Tengah dan DIY bisa kembali muncul.“ kata I Made Sumardika, Corporate Food & Beverages Manager, Archipelago International.

Vera Indah, General Manager Royal Malioboro by ASTON, dalam acara tersebut, juga menyampaikan bahwa propertinya merasa terhormat menjadi tuan rumah kegiatan Barista Competition Yogyakarta di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement