PLN Ajak Pelanggan Pakai Layanan Premium

PLN Ajak Pelanggan Pakai Layanan PremiumPara pelanggan listrik dari Kabupaten Sleman mengikuti Multi Stakeholder Forum Tahun 2021 PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta di Hotel The Rich Jogja, Kamis (9/12/2021) - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
09 Desember 2021 18:07 WIB Media Digital Ekbis Share :

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menawarkan layanan listrik premium kepada pelanggan. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah terbebas dari pemadaman.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta Ahmad Mustaqir mengatakan semua segmen dapat dilayani dengan produk premium, mulai dari segmen bisnis, pendidikan, hingga rumah tangga. Di DIY, belasan pelanggan yang terdiri dari mal, hotel dan perguruan tinggi sudah menggunakan produk premium ini. "Di DIY sudah ada 18 pelanggan premium, sebentar lagi 20," kata Ahmad dalam acara Multi Stakeholder Forum Tahun 2021 PLN UP3 Yogyakarta untuk pelanggan Kabupaten Sleman di Hotel The Rich Jogja, Kamis (9/12/2021).

Untuk segmen rumah tangga, produk ini sudah dinikmati pelanggan di sebuah perumahan di Jepara, Jawa Tengah. "Kami terbuka bagi warga DIY yang akan berlangganan premium. Silakan mendaftar, akan kami survei," jelas dia.

Layanan premium terdiri dari empat jenis yakni platinum, gold, silver, dan bronze. Untuk platinum dan silver tidak dilakukan pemadaman otomatis apabila sistem PLN krisis. Sementara gold dan bronze kemungkinan padam otomatis pada urutan terakhir apabila sistem PLN krisis.

Ahmad mengatakan pada dasarnya semua segmen bisa dilayani dengan layanan premium. Hanya saja petugas PLN harus melakukan survei terlebih dahulu karena terkait dengan teknis di lapangan dan investasi. "Kita tidak ingin jor-joran jualan premium karena kami tetap utamakan kualitasnya dan juga pertimbangan layanannya di lapangan," kata dia.

Saat ini, elektrifikasi di Kabupaten Sleman sudah mencapai 100%. Ahmad mengatakan seluruh kepala keluarga di Bumi Sembada telah menikmati listrik. Ia terus mengajak masyarakat untuk beralih ke listrik dalam mendukung aktivitas masyarakat sehari-hari, seperti menggunakan kompor listrik dan mobil listrik.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Jazim Sumirat yang hadir dalam Multi Stakeholder Forum untuk mewakili Bupati Sleman menyampaikan ketersediaan pasokan listrik sangat berperan memajukan perekonomian daerah. Tugas PLN sebagai perusahaan penyedia listrik mengemban amanah yang berat dalam menjaga ketersediaan listrik. Untuk itu diharapkan seluruh stakeholder mendukung kinerja PLN.

Jazim mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi atas keterbukaan PLN dalam menerima umpan balik dari pelanggan. "Keluhan yang sering muncul seperti pemadaman mendadak, penipuan mengatasnamakan PLN semoga bisa direspons dengan cepat karena berkaitan dengan citra perusahaan," kata dia.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Tri Nugroho yang hadir dalam Multi Stakeholder Forum menyampaikan apresiasi atas inovasi yang terus dilakukan PLN. Berkat PLN, semua penduduk Sleman sudah menikmati listrik, termasuk penduduk yang tinggal di Kalurahan Sumberharjo Prambanan yang lokasinya di daerah perbukitan dan terpencil. *