Begini Sejarah Harbolnas 12.12

Begini Sejarah Harbolnas 12.12Ilustrasi e-commerce - CC0
11 Desember 2021 16:07 WIB Intan Riskina Ichsan Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 atau Double 12 adalah hari yang dikenal sebagai Single's Day & Black Friday versi Asia Tenggara.

12.12 (12 Desember) terjadi tepat sebelum minggu Natal. Double 12 adalah salah satu festival belanja terbesar di pasar belanja online Asia Selatan. Ini adalah waktu dalam setahun di mana perencanaan dan organisasi yang cerdas dapat menghasilkan manfaat yang sangat besar bagi penjual.

Dari perspektif penjual online, arti penjualan 12.12 adalah peluang untuk menginjakkan kaki yang kuat dalam bisnis eCommerce. Untuk memanfaatkan peluang ini, penting untuk mempelajari bagaimana obral 12.12 menjadi peristiwa penting untuk belanja online.

Berawal dari Lazada bersama dengan beberapa pasar lain seperti Zalora, meluncurkan revolusi belanja online di tahun 2014. Acara ini ternyata sukses besar, dan sejak itu, double 12 dirayakan setiap tahun sebagai salah satu karnaval belanja online terbesar di Pasar Online Asia Selatan.

Melihat tingkat keberhasilan yang sangat besar selama bertahun-tahun, pasar lain seperti Shopee, Asos, dan Aliexpress bersatu untuk mendorong revolusi ini dalam skala global.

Selama bertahun-tahun, pelanggan telah menunjukkan minat yang besar untuk berbelanja di acara 'double 12'. Ini adalah beberapa statistik luar biasa dari Techinasia, acara liburan belanja online 12.12 tahun sebelumnya.

Ada peningkatan 4-5 kali dalam lalu lintas web di Situs Belanja Online, dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal ini menunjukkan kesetiaan pelanggan untuk membeli pada penjualan 12.12.

Tahun lalu, total 60% pengunjung unik mengakses situs belanja online selama acara 'double 12'. Ini berarti bahwa pelanggan bermigrasi ke belanja online melalui acara ini. Jadi, ini adalah kesempatan emas untuk berbisnis.

Rata-rata, setiap 2 detik, pesanan diterima selama 'acara penjualan 12.12' tahun lalu. Waktu yang ideal untuk pembeli selama 12.12 adalah larut malam. Pelanggan menunggu cukup lama untuk mulai berbelanja.

Di kawasan Asia Pasifik seperti Malaysia, penjualan terbanyak diselesaikan antara pukul 21:00 hingga 22:00. Pelanggan lebih cenderung untuk mengejar diskon.

Adapun pasar teratas yang ditargetkan untuk dijual dalam penjualan 12.12 meliputi: Lazada, Shopee, Zalora, asos, Qoo10, dan Prestomall. Di antara itu semua, Lazada sebagai Raksasa Pasar Asia Selatan, telah mengumumkan lebih dari 55 juta penawaran dalam periode singkat 10 hingga 12 Desember.

 

Sumber : JIBI/Bisnis.com