Advertisement

ICSB Dorong UMKM DIY Siap Ekspor Produk Lokal

Sunartono
Sabtu, 19 Februari 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
ICSB Dorong UMKM DIY Siap Ekspor Produk Lokal Ketua ICSB GKR Bendara berfoto bersama peserta pelatihan Kewirausahaan Siap Ekspor, Sabtu (19/2/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Indonesia Council For Small Business (ICSB) DIY mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY mampu melakukan ekspor produk. Puluhan pelaku UMKM pun didamping melalui pertemuan bertajuk Pelatihan Kewirausahaan Siap Ekspor, Sabtu (19/2/2022).

Ketua ICSB DIY GKR Bendara menjelaskan berdasarkan data Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Jogja di
2021 ada lebih dari 3.000 UMKM memiliki potensi untuk siap ekspor dengan produk lokal.

ICSB DIY berkomitmen untuk membina UMKM tidak hanya dapat berkembang secara online namun juga bisa mengatur keuangan dengan baik. Sehingga mampu menjadi juara di kelasnya sehingga gagasan UMKM naik kelas pun dapar terlaksana dengan baik.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Catatan Ekonomi DIY 2021: Berat Beban Tulang Punggung Perekonomian

"Dengan menggandeng Pemerintah Daerah, skademisi, praktisi usaha serta komunitas UMKM yang siap ekspor, gusti bendara yakin akan semakin banyak peluang dari manca negara yang akan bertumbuh bagi produk lokal di DIY," katanya, Sabtu (19/2/2022).

Sekretaris ICSB DIY Andityas Bima Prasatya mengatakan salah satu komunitas yang bermitra dengan ICSB DIY yaitu komunitas Milenial Ekspor Jogja jumlahnya sudah sampai ratusan. Melalui program Pengusaha UKM Istimewa akan disiapkan pembinaan dan pendampingan agar pelaku usaha dapat mencapai tujuan bersama menuju persaingan global.

"Harapannya aksi nyata ini dapat menjadi alternatif peluang bagi usaha di daerah agar bisa terus berdaya dalam kondisi yang masih belum jelas akibat pandemi yang melanda negeri," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement