Advertisement

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Ditarget Terlaksana 2023

Abdul Hamied Razak
Kamis, 24 Februari 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Ditarget Terlaksana 2023 Assessor SPBE dari Kementerian PAN&RB Wing Wahyu Winarno (enam dari kanan) bersama Tim Widya Analytic, Rabu (23/2 - 2022)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE ditargetkan terlaksana secara penuh pada tahun 2023. Bila sudah terlaksana secara rata dan masif, masyarakat akan merasa dimudahkan dengan penerapan SPBE ini.

VP Teknologi di Widya Analytic Faris Yusuf Baktiar mengatakan saat ini sangat cocok bagi masyarakat untuk mendalami apa itu SPBE, apa yang harus dilakukan agar dapat terlaksana dengan cepat. "Kami akan menggelar Tech Talks Special Edition untuk membahas tentang Strategi Percepatan dan Evaluasi Peningkatan Indeks SPBE bersama narasumber dan moderator yang istimewa," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (24/2/2022).

Tech Talks Special Edition tersebut akan digelar secara daring pada Jumat, 4 Maret 2022 pada pukul 09.00-selesai. Webinar ini spesial karena pembicara yang akan mengisi merupakan Assessor SPBE dari Kementerian PAN&RB Wing Wahyu Winarno. "Pembahasan pada webinar ini berfokus pada indikator standar SPBE yang harus ditempuh, strategi apa aja yang bisa dipilih agar dapat mencapai target indeks angka SPBE," katanya.

Widya Analytic sebuah startup teknologi yang bergerak di bidang Big Data, Artificial Intelligence ini menggelar webinar rutin yang setiap pekan. "Tech talks merupakan webinar series guna untuk menyalurkan ilmu tentang teknologi dan juga mendukung terwujudnya transformasi digital dan SPBE dapat segera terlaksana secara masif," katanya.

Dia mengatakan kegiatan webinar tersebut terbuka untuk umum, namun dia berharap banyak peserta dari pemerintahan atau Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) di daerah ikut meramaikan event ini agar tujuan event ini dapat tercapai.

Baca juga: BNNP DIY Terima Anugerah ZI Menuju WBK 2021 dari Kementerian PANRB

Tech Talks Special Edition ini dilaksanakan via zoom melalui tautan Link Pendaftaran https://widyaanalytic.com/strategi-percepatan-dan-evaluasi-peningkatan-indeks-spbe/ maupun masuk ke laman www.widyaanalytic.com.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) bisa beroperasi secara penuh pada 2023. Upaya untuk mendorong tercapainya target tersebut, ditandai dengan pembangunan pusat data atau data center berbasis cloud milik negara.

Penerapan SPBE memiliki empat tujuan, antara lain manajemen kinerja instansi pemerintahan yang transparan dan akuntabel, menciptakan sistem pengawasan yang profesional, independen, dan berintegritas. Kemudian, mewujudkan pelayanan publik yang bersih, dan meningkatkan kualitas pengelolaan reformasi birokrasi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Anggota DPRD Bantul Ditangkap Polisi, Inisial ESJ

Bantul
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement