Advertisement

Segarnya Bisnis Es Timun ala ESTIMON

Lajeng Padmaratri
Senin, 07 Maret 2022 - 10:17 WIB
Arief Junianto
Segarnya Bisnis Es Timun ala ESTIMON Lemon mint, salah satu varian Estimon. - Instagram @estimon.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pandemi memunculkan peluang bisnis yang baru bagi pasangan suami-istri di Jogja. Berawal dari menu berbuka puasa yang mereka bikin saat Ramadan 2020, kini minuman itu mereka rilis menjadi produk usaha yang mereka beri nama Estimon.

Dani dan Diva, nama pasutri itu, merilis usaha Estimon sejak 2020. Estimon merupakan jenama minuman es timun serut dengan perasan lemon dalam kemasan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepada Harianjogja.com, Diva mengisahkan, usaha ini dimulai ketika ibunya membuat minuman es timun itu sebagai menu berbuka puasa saat Ramadan pada 2020 lalu. Lantaran segar dan terasa nikmat sekali untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa, ia pun terbiasa membuat minuman ini.

Di saat yang bersamaan, situasi pandemi membuat kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat diterapkan di Indonesia. Banyak yang terdampak secara perekonomian, salah satunya Diva dan Dani. "Saat itu kami kemudian berpikir untuk menjual es timun buatan ibu, yang sangat segar dan enak sekali itu dan kami namakan Estimon, karena bahannya es timun dan lemon," kata Diva, Rabu (2/3/2022).

Terlebih Diva kemudian baru menyadari bahwa minuman tersebut tak hanya segar dan nikmat, melainkan kaya akan vitamin C dan antioksidan. Bahannya yang sederhana yaitu timun, agar, dan lemon itu pun sehat untuk dikonsumsi.

Mulanya, dia menawarkan ke teman-temannya. Tak dinyana, responsnya sangat positif. Banyak kawan yang memesan es timun ala ibunya sebagai sajian untuk mengisi aktivitas di rumah saja selama pandemi.

Pada awalnya, Estimon dikemas dalam kemasan botol plastik berukuran 500 mililiter (ml). Seiring berjalannya waktu, Diva menambah variasi dengan menghadirkan kemasan botol berukuran 250 ml dan satu liter. "Sekarang Estimon punya tiga rasa, yaitu lemon, lemon mint, dan kawis lime," terangnya.

Nol Rupiah
Saat memulai usaha ini, Diva bercerita bahwa ia tidak mengeluarkan modal apapun. Sebab, bisnis ini dijalankan dengan sistem pre-order (PO) kepada pelanggan. "Modal awal nol rupiah, karena di awal kita pakai sistem PO, jadi untuk belanja bahan di awal pakai uang PO yang sudah masuk. Lalu kemudian diputar sampai akhirnya sekarang bisa ready stock," tuturnya.

Advertisement

Kini, Estimon berinovasi dengan kemasan versi terbaru. Mereka saat ini menggunakan botol pet can yang lebih modern, praktis, dan lebih aman untuk kemasan minuman. "Kemasan ini lebih tidak mudah bocor, jadi aman dikirim ke luar kota," kata dia.

Meski bisa dikirim ke luar kota, Diva mengklaim Estimon sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Walau demikian, produk minuman ini bisa awet sampai dua minggu jika disimpan di dalam kulkas. Sementara, jika disimpan di lemari pembeku atau freezer maka bisa tahan sampai dua bulan lamanya. "Tetapi kalau di suhu ruangan hanya tahan dua hari. Estimon paling enak disajikan saat dingin," ujar dia.

Kini, Estimon dijual seharga Rp12.000 per botol dengan ukuran 330 ml. Diva mengungkapkan saat ini ia bisa menjual 800 botol setiap bulan.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement