Advertisement

Tips Mulai Bisnis Kuliner dengan Modal Tipis

Jumali
Rabu, 09 Maret 2022 - 13:37 WIB
Jumali
Tips Mulai Bisnis Kuliner dengan Modal Tipis Warga menunjukkan rempeyek bikinannya yang menjadi ikon kuliner khas Desa Wisata Srikeminut. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABisnis kuliner saat ini sangat menjanjikan dan tidak terlalu sulit. Sebab, Anda bisa memulai bisnis kuliner dengan modal kecil. Lalu bagaimana memulai bisnis kuliner? Simak tips berikut :

- Konsep

Konsep disini tidak hanya mencakup menu, tapi juga bagaimana nantinya bisnis kuliner ini dijalankan dan teknis pelaksanaannya. Anda sebaiknya memilih menu yang saat ini disukai, disamping keunikan dan harga yang akan diterapkan.

- Survei, dan kumpulkan informasi

Anda harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada. Cek apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk Anda.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Buat business plan yang jelas

Memulai bisnis kuliner dengan modal kecil juga memerlukan rencana usaha atau business plan. Hal ini penting karena agar Anda bisa membayangkan tentang perputaran uang (cash flow). Selain itu, business plan diperlukan jika Anda membutuhkan partner atau investor, maka Anda dapat mempresentasikan rencana bisnis kuliner tersebut dengan jelas.

- Tempat

Anda harus memiliki tempat usaha yang tepat dan strategis dan hal ini harus dilakukan survei lokasi yang matang.

- Nama usaha dan menu

Pilihlah nama usaha yang nyantol dengan produk yang Anda buat. Jadi jika nama usaha terdiri dari dua kata, maka salah satu kata merupakan keyword dari jenis menu yang anda jual.

- Promosikan

Perkenalkan nama usaha dan menu kuliner di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, YouTube dan TikTok. Buatlah logo dan konten-konten promosi yang menarik setiap hari, berupa foto dan video, yang memperlihatkan bentuk menu kuliner Anda.

- Tim kerja

Anda harus punya tim kerja. Harus ada pembagian tugas dalam menyiapkan bahan baku, memasak dan mengolah bahan baku, mengurus pesanan pembeli, membuat konten promosi, melakukan pembukuan, dan sebagainya.

Advertisement

- Modal

Sesuaikan modal dengan business plan yang Anda rancang.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement