Advertisement

Berkat Pasukan Elit, Perbaikan Jaringan di Jogja Tak Perlu Padamkan Listrik

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Berkat Pasukan Elit, Perbaikan Jaringan di Jogja Tak Perlu Padamkan Listrik Pengerjaan perbaikan jaringan tanpa memadamkan listrik oleh pasukan elit PLN Jogja. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Meningkatnya kebutuhan energi listrik di semua sektor dan kehidupan rumah tangga dengan peralatan modern, sangat tergantung terhadap kontinuitas suplai listrik. Sehingga apapun penyebabnya, terganggunya penyaluran energi listrik akan menimbulkan keluhan konsumen. Bagi PLN sendiri juga merupakan kerugian karena tidak dapat menjual energi listriknya secara maksimal.

Di lain pihak, jaringan listrik memerlukan pemeliharaan dan perbaikan baik secara preventif maupun korektif secara berkala. Pekerjaan tersebut normalnya harus dilaksanakan dengan memadamkan aliran listrik.

Advertisement

Guna memberikan layanan listrik yang tidak terputus kepada pelanggan sekaligus menyelamatkan kWh, PLN menerjunkan pasukan elit terlatih yang melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor dalam kondisi bertegangan atau listrik dalam keadaan menyala yang disebut dengan tim Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Seperti yang dilakukan Tim PDKB UP3 Yogyakarta pada Kamis (19/5/2022).

Tim PDKB UP3 Yogyakarta melakukan pekerjaan perbaikan ABSW di Wilayah Godean, Sedayu, DIY. ABSW (Air Braker Swich) suatu alat yang digunakan sebagai pemisah aliran listrik tegangan menengah.

Baca juga: Harga Emas Sabtu 21 Mei 2022, Melejit Bestie!

Manager PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Samsuri menyampaikan bahwa perbaikan peralatan ini bertujuan untuk memperkecil daerah padam, mengamankan sistem, lingkungan dan peralatan apabila terjadi gangguan jaringan 20 kV. “Dengan menggunakan APD lengkap dan bekerja dengan sesuai SOP, tim PDKB kami melakukan pekerjaan pemeliharaan dalam keaadan bertegangan, sehingga listrik tidak padam,” ujar Samsuri.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan konsumen, baik itu masyarakat umum ataupun layanan publik. Selain itu aksi tim PDKB yang bekerja dengan risiko tinggi ini menarik perhatian masyarakat sekitar lokasi pekerjaan, salah satunya adalah Umi , perempuan setengah baya penjual minuman jus buah dan toko kelontong. “Hari ini saya melihat langsung petugas PLN sedang melakukan perbaikan. Saya tidak rugi karena listrik tidak padam, sehingga dapat melayani pembeli seperti biasa,” ungkapnya.

Lain halnya dengan, Edi Purwondo, petugas pelayanan publik di PT Pos Kemusuk ini menyampaikan apresiasinya kepada PLN, meskipun PLN sedang melakukan perbaikan jaringan, saat ini di wilayah sekitar jalan Wates Godean dan kantornya tidak padam sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

PLN UP3 Yogyakarta sendiri memiliki 1 tim PDKB Sentuh Langsung dengan jumlah 8 personil. Selama 2022 sampai dengan April, TIM PDKB UP3 Yogyakarta telah melakukan perbaikan sebanyak 221 titik dan total sebanyak 696.2121 kWH jual berhasil diselamatkan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement