Advertisement

6 Perangkat untuk Mendukung Software Kasir Agar Dapat Tingkatkan Kinerja Bisnis

Media Digital
Kamis, 23 Juni 2022 - 16:48 WIB
Bhekti Suryani
6 Perangkat untuk Mendukung Software Kasir Agar Dapat Tingkatkan Kinerja Bisnis Ist - Doc Foto Olsera

Advertisement

Software kasir merupakan bagian dari sistem POS (point of sale) yang kini banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka. Dimana program kasir ini dapat dimanfaatkan secara langsung setelah diinstal. Selain itu, anda bisa menyediakan beberapa perangkat pendukung seperti berikut untuk mempermudah kinerja bisnis ketika dilakukan transaksi.

Perangkat Pendukung Program Kasir

Advertisement

1. Perangkat Smartlogic Android POS

Anda yang memakai kasir pintar, sangat direkomendasikan menggunakan perangkat smartlogic POS ini. Bahkan sudah banyak bisnis yang menggunakannya untuk keperluan transaksi berkat kemudahan yang ditawarkan. Bisa dibilang bahwa perangkat ini memang sangat cocok dan begitu praktis digunakan untuk sistem point of sale.

Pasalnya fungsi smartlogic POS yaitu mampu menggabungkan sistem handphone dengan print. Sehingga unit ini bisa digunakan untuk bertransaksi sekaligus melakukan print struk secara otomatis. Jadi anda tidak perlu lagi menyediakan perangkat kasir super besar di toko. Untuk bisnis dengan mobilitas tinggi, perangkat smartlogic akan sangat membantu.

2. Komputer Kasir

Untuk toko fisik yang tidak membutuhkan mobilitas tinggi, software kasir bisa didukung dengan penggunaan komputer. Komputer kasir ini dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi kasir tersebut, seperti yang biasa terlihat di supermarket, minimarket, dan lain sebagainya. Spesifikasi yang dibutuhkan minimal dengan processor intel Pentium 3, dengan RAM 256MB dan kecepatan 1.3 Hz.

Cukup dengan spesifikasi standar tersebut, anda bisa menggunakannya sebagai komputer kasir. Tapi akan lebih bagus jika dapat menggunakan spesifikasi yang lebih tingg dari standar tersebut agar meminimalisir terjadinya error dan lain sebagainya. Sementara untuk keyboard, mouse, atau monitor bisa digunakan berbagai merk.

3. Cash Drawer atau Cash Register

Hardware lainnya yang dapat dihadirkan untuk mendukung aplikasi kasir guna meningkatkan kinerja bisnis yaitu cash drawer atau cash register. Laci uang ini dapat membantu petugas kasir untuk mengatur keuangan di toko. Karena fungsinya adalah menjadi tempat uang masuk dan keluar ketika terjadi transaksi.

Sehingga cash drawer bisa sekaligus menjaga keamanan uang dari transaksi yang dilakukan pada bisnis anda. Dimana perangkat pendukung software kasir ini bisa dihubungkan dengan printer. Sehingga nantinya saat anda mencetak struk, maka laci uang bisa membuka otomatis untuk memasukkan uang dari konsumen ataupun mengambil kembalian atas transaksi tersebut.

4. Printer Thermal Bluetooth

Untuk bertransaksi, printer thermal bluetooth menjadi perangkat yang digemari oleh para pelaku bisnis. Karena penggunaannya dinilai sangat praktis serta tidak membutuhkan berbagai macam setting nan rumit. Jadi cara kerjanya yaitu bagian kertas yang dicetak akan dipanaskan sampai membentuk tulisan atau dengan cara thermal.

5. Barcode Scanner

Guna melengkapi kinerja dari mesin kasir yang anda miliki, siapkan pula perangkat barcode scanner di toko. Ketika berbelanja di supermarket atau lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat tersebut. Yang mana alat ini bisa membuat proses input data dapat dilakukan dengan cepat. Karena hanya perlu menggunakan sensor untuk membaca kombinasi bar yang ada pada barang.

6. Pole Display

Terakhir, kinerja software kasir juga bisa didukung dengan pole display. Program kasir di supermarket atau minimarket biasanya paling banyak menggunakan perangkat ini. Adapun fungsinya yaitu menampilkan informasi item serta harga kepada pelanggan. Tampilan tiangnya sendiri sebagian besar bervariasi, mulai dari satu sampai tiga baris tampilan.

Itu dia beberapa perangkat pendukungs aplikasi kasir untuk tingkatkan kinerja bisnis. Umumnya penyedia program point of sale kini sudah menyediakan satu paket lengkap yang dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan anda. Seperti Olsera POS, anda bisa menemukan semua hardware tersebut di sini. Lebih lanjut, cek website olsera.com untuk menghubungi penyedia software.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement