Advertisement

Sukses Wawancara Lewat Public Speaking ala Vina A Muliana

Media Digital
Jum'at, 24 Juni 2022 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sukses Wawancara Lewat Public Speaking ala Vina A Muliana Vina A Muliana, Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID & Content Creator. - Ist

Advertisement

JOGJA-Hai YOTers! Kamu pasti pernah mengikuti job interview kan?

Tahapan wawancara merupakan tahapan yang krusial untuk para pelamar, sering menjadi penentu untuk kamu dapat diterima di dalam sebuah perusahaan. Soft skill yang cukup penting untuk melewati tahapan wawancara adalah skill dari public speaking kamu. Skill ini cukup ampuh untuk membekali kamu ketika masuk tahapan wawancara. Ditambah persiapan yang cukup untuk wawancara, dengan public speaking dapat memudahkan YOTers untuk melewati tahapan wawancara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Nah beda ceritanya nih jika yang dipanggil ke dalam tahapan wawancara basically adalah orang yang sifatnya pemalu. Terkadang mereka yang pemalu terkendala saat berbicara atau berkomunikasi. Apalagi jika situasi yang dihadapkan adalah sebuah tes wawancara untuk masuk ke perusahaan impian kamu.

Nah YOTers, mau ga mau, YOTers sekalian tak terkecuali si pemalu harus bisa menerapkan beberapa tips sukses dalam wawancara dan melatih public speaking. Vina A Muliana, Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID & Content Creator punya beberapa tips untuk bisa pede dan sukses dalam wawancara agar public speaking kamu terasah dengan baik. Yuk langsung simak aja penjelasannya:

Vina A Muliana menjelaskan dalam sesi wawancara, sebaiknya kamu menerapkan rumus Tanya Puji Reaksi.

1. Tanya

Vina menjelaskan rumus pertama adalah Tanya, ketika HRD bertanya ke kamu, coba bertanya kembali, sehingga membuat percakapan open-ended dengan pewawancara. Hal ini bisa meningkatkan interaksi saat sesi wawancara

2. Puji

Terapkan hal dengan sesekali menyebutkan nama pewawancara saat memberikan jawaban sehingga tercipta unsur pujian dan kedekatan dengan pewawancara. Alhasil chemistry antara kedua belah pihak bisa terbangun dengan baik.

3. Reaksi

Rumus yang terakhir wajib kamu gunakan, apalagi pada kesempatan si pewawancara melempar balik ke si pelamar untuk bertanya. Pastikan gunakan kesempatan setelah wawancara untuk bertanya dan memberikan reaksi atas apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Advertisement

Nah setelah tahu rumus tadi, Vina juga punya beberapa trik untuk mengasah skills public speaking kamu, agar ketika sudah didepan banyak orang, kamu tidak planga-plongo aja. Trik ini juga sangat ber-impact terhadap kelancaran wawancara kamu :

1. Trik yang pertama adalah tarik nafas dalam dan berikan afirmasi positif terhadap diri sendiri kalau kamu bisa dan mampu untuk berbicara. Berikan vibe positif agar apa yang kamu pelajari tidak terbuang sia-sia. Ini juga berlaku dalam tahapan wawancara. sebelum memasuki ruang wawancara, kamu bisa tarik nafas dalam, tenangkan diri dan berikan afirmasi positif ke diri sendiri.

2. Trik yang kedua adalah hindari tatapan mata secara langsung. Trik ini bisa diterapkan ketika kamu berhadapan dengan orang/audience yang banyak. Solusinya adalah tatap ke arah pelipis atau dahi audience. Dengan ini kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Nah tapi tips ini jangan diterapkan saat kamu wawancara karena dalam wawancara kamu harus terus menatap mata pewawancara. Dengan itu kamu memberikan sinyal bahwa kamu dalam keadaan yang percaya diri dan menghargai lawan bicara.

Advertisement

3. Tips yang terakhir adalah perbanyak baca buku agar koleksi kata-kata kamu semakin beragam dan bisa lancar saat berbicara didepan banyak orang atau pada saat tahapan wawancara.

Itu dia beberapa tips mengasah public speaking skill untuk seorang pemalu agar sukses dalam wawancara Banyak banget lho tips and trik lainnya yang akan diberikan oleh Vina A Muliana yang bisa YOTers terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu guna untuk mengembangkan diri YOTers sekalian.

Nah, Vina A Muliana akan hadir sebagai salah satu dari 11 pembicara di event terbesarnya Young On Top, yaitu Young On Top National COnference (YOTNC) 2022. Kamu bisa langsung ketemu Vina A Muliana dan dapatkan sejuta inspirasi, tips and trik, manfaat dan networking saat menghadiri acara YOTNC 2022. Bukan hanya Vina, ada pula pembicara keren lainnya seperti Grace Tahir, Ernanda Putra, Ricky Silaen dan speakers hebat lainnya.

Nah, save the date ya YOTers, YOTNC 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022 di Kota Kasablanka, Kasablanka Hall lt 3, Jakarta Selatan.

Advertisement

Tunggu apa lagi, langsung aja daftar di www.youngontop.com/yotnc

Stay healthy, stay productive and see you on top!

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

DPRD Kulonprogo Godok Raperda Toleransi Bermasyarakat

Kulonprogo
| Selasa, 06 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement