Advertisement

Ini Dia Manfaat Asuransi Jiwa dan Cara Kerjanya

Media Digital
Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Dia Manfaat Asuransi Jiwa dan Cara Kerjanya Asuransi Jiwa - Ist

Advertisement

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang sedikit berbeda dari asuransi umum. Sebab, manfaat dari asuransi ini tidak langsung diberikan kepada tertanggung tetapi kepada ahli warisnya.

Asuransi jiwa diberikan untuk memberikan perlindungan kepada keluarga secara finansial karena ditinggal salah satu anggota keluarganya. Kalau diibaratkan, uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi adalah uang untuk membiayai hidup sementara sebelum ahli waris mendapatkan pekerjaan yang baru.

Sebelum memiliki produknya, sebaiknya mengetahui berbagai manfaat asuransi jiwa dan cara kerjanya. Sementara itu, jika Anda mencari asuransi kesehatan yang terbaik dan terdaftar di OJK maka jawabanya adalah Cigna Proteksi Sehat. Premi asuransi Cigna Proteksi Sehat sangat terjangkau sehingga tidak terlalu memberatkan pengeluaran Anda.

Berbagai Manfaat Asuransi Jiwa

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, asuransi jiwa diartikan sebagai perlindungan dalam bentuk risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Sebagian besar perusahaan asuransi di Indonesia pasti menyediakan produk asuransi jiwa.

Dan setiap perusahaan yang menyediakannya, wajib mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI. Dan asuransi ini merupakan salah satu asuransi yang sangat dibutuhkan.

Memberikan Perlindungan Finansial Kepada Ahli Waris

Ini adalah benefit utama yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa adalah perlindungan finansial berupa uang pertanggungan kepada ahli waris. Kenapa diberikan kepada ahli waris? Sebab asuransi ini pada dasarnya diberikan untuk membiayai sementara kehidupan keluarga yang salah satu anggotanya meninggal dunia.

Jadi dengan uang pertanggungan ini, keluarga tidak perlu bingung lagi soal biaya hidup karena sudah ada yang menanggungnya. Tapi ingat, asuransi ini bukanlah sumbangan ya jadi ahli waris tetap harus membayar iuran premi kepada perusahaan asuransi.
Berikut ini manfaat asuransi jiwa dan cara kerjanya:

Menutupi Biaya Kematian

Asuransi jiwa juga dapat menutup biaya kematian. Sebagaimana yang diketahui, setiap orang meninggal pasti membutuhkan biaya terutama untuk memandikan hingga menguburkan jenazah.

Biaya kematian itu tentu tidaklah sedikit. Nah apabila Anda memiliki asuransi jiwa sebelumnya maka uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya kematian sehingga beban Anda beserta keluarga bisa sedikit berkurang.

Untuk diketahui, khusus uang pertanggungan kematian ini pasti berbeda-beda setiap perusahaan asuransi. Jadi Anda harus cermat membaca polis terlebih dahulu sebelum membelinya.

Advertisement

Mendapatkan Pertanggungan untuk Penyakit Kronis

Meski tidak selalu, tetapi ada beberapa perusahaan asuransi yang juga memberikan uang pertanggungan untuk mengobati penyakit kronis. Kadang-kadang juga digabungkan dengan asuransi kesehatan sehingga tertanggung bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.
Hal ini berlaku jika Anda didiagnosis menderita penyakit yang termasuk terminal illness dan memiliki harapan hidup kurang dari 12 bulan saja, contohnya penyakit kanker, diabetes, jantung koroner, tumor, dan lainnya.

Selama orang yang bersangkutan masih hidup, orang tersebut berhak mendapatkan manfaat dari asuransi jiwa untuk keperluan biaya berobat.

Mendapatkan Tabungan Pensiun

Manfaat asuransi jiwa selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan tabungan pensiun untuk mempersiapkan diri secara finansial di masa tua. Apalagi jika Anda membeli produk asuransi jiwa berupa asuransi unit link.

Advertisement

Selain mendapatkan manfaat asuransi jiwa, tertanggung juga bisa berinvestasi. Keuntungan dari hasil investasi itulah yang bisa dikumpulkan dan di tabung sehingga Anda memiliki cukup banyak uang di hari tua.

Cara Kerja Asuransi Jiwa

Jadi asuransi jiwa itu bekerja dengan cara memberikan proteksi finansial dari hilangnya pendapatan seseorang di dalam anggota keluarga yang menjadi tulang punggung.

Misalnya, ada keluarga yang salah satunya mencari nafkah lalu ketika orang itu sudah meninggal, maka uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris yang sebelumnya sudah di

Nah uang pertanggungan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi biaya hidup sementara waktu sebelum ahli waris mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan penghasilan.

Advertisement

Asuransi jiwa memberikan santunan kepada anggota keluarga jika tertanggung meninggal dunia karena sakit, kecelakaan atau risiko lainnya yang tidak disengaja. Jika meninggal karena bunuh diri, sudah pasti tidak berhak untuk mendapatkan asuransi jiwa.

Seperti itulah beberapa manfaat asuransi jiwa dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

KRL Jogja-Solo Rp8.000, Cek Jadwal Khusus Hari Ini

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement