Advertisement

Keluhan Penumpang Fajar Utama Ramai di Twitter, Begini Tanggapan KAI

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 13 Juli 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Keluhan Penumpang Fajar Utama Ramai di Twitter, Begini Tanggapan KAI Foto ilustrasi. - dok Humas Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Penumpang kereta api (KA) mengeluhkan layanan yang dinilai menurun. Keluhan itu ia unggah di akun media sosial miliknya.

Penumpang KA pemilik akun Twitter @Rismania menuliskan cuitan berisi keluhan saat menggunakan KA Fajar Utama. “Anak saya sedih kecewa, udah pake baju kereta, pas naik beli tiket Fajar Utama tapi dapet kelas gerbongnya yang ini @KAI121, tanpa pemberitahuan awal. Padahal harga yang dibayar hampir setara gerbong eksekutif. Boleh dibantu respon baiknya @KAI121,” tulisnya, Selasa [12/7].

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 sontak meresponsnya. KAI mengklaim tidak ada penurunan layanan.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan bahwa KA Fajar Utama saat ini menggunakan rangkaian kelas eksekutif dan ekonomi.

“Untuk penggunaan rangkaian kereta ekonomi SS [Stainless Steel] maupun ekonomi lainnya [K3 AC Package], bahwa dalam hal ini tidak ada penurunan pelayanan, masih sama-sama layanan kelas ekonomi,” ucap Supriyanto.

Supriyanto mengatakan terkait dengan hal yang dikeluhkan tersebut dikarenakan perputaran sarana yang dioperasikan sehingga ada perubahan sarana yang digunakanan dengan tetap sesuai standar layanan yang ditetapkan.

“Kalau yang SS itu kursinya single-single. Kalau yang satunya dua-dua duduknya. Ekonomi kapasitas ada isi 106 ada 80. Harganya sama saja,” ujarnya.

Advertisement

Untuk itu, dia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan kereta api, dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada transportasi kereta api.

“KAI tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api beserta penumpang yang ada di dalam kereta,” ujarnya.

Melalui akun Twitter @KAI121 juga sempat mengklarifikasi keluhan tersebut. Selamat siang Kak dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Apabila yang dimaksud perjalanan kereta rute dari Stasiun Yogyakarta-Pasar Senen dengan menggunakan KA #FajatUtamaYK, berdasarkan hasil koordinasi dengan unit terkait bahwa mulai akhir Juni 2022, menggunakan rangkaian ekonomi dirjen dengan formasi tempat duduk 2-2 berhadapan. Sekali lagi Railmin mohon maaf atas ketidaknyaman yang dialami. Trims. (Herlambang Jati Kusumo).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement