Advertisement

Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Media Digital
Senin, 25 Juli 2022 - 12:57 WIB
Budi Cahyana
Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Kebakaran Pelatihan Pemadaman Kebakaran di Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

JOGJA Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Risiko kebakaran bisa terjadi pada berbagai bangunan, termasuk bangunan hotel dan sangat merugikan perusahaan serta karyawan.

Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta berupaya memaksimalkan keterampilan cepat tanggap Emergency Response Team (ERT) dengan memberikan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran yang diikuti oleh seluruh staff hotel HARPER Malioboro Yogyakarta pada hari Minggu 24 Juli 2022. Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran ini bekerja sama dengan Patigeni Yogyakarta dan dipimpin langsung oleh Bapak Arifin selaku Koordinator Patigeni Yogyakarta, di mana sesi pertama diisi dengan penyampaian materi dan kemudian sesi praktek menggunakan alat pemadam kebakaran di sesi kedua.

Advertisement

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, para karyawan tak hanya diberikan pelatihan mengenai pemicu munculnya api sampai terjadinya kebakaran, mereka juga dilatih untuk berkoordinasi saat terjadi bencana serta mempersiapkan diri agar lebih tenang dalam menghadapi situasi yang berbahaya serta memberikan pelatihan tentang penggunaan alat pemadam kebakaran seperti APAR dan Fire Blanket. Salah satu cara untuk memadamkan api adalah dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi.

Kain yang sudah dibasahi tersebut kemudian diangkat menutupi tangan dan juga wajah agar bisa melindungi anggota tubuh, setelah itu arahkan dan tutup kain tersebut ke arah api sampai api benar-benar padam. Selain menggunakan kain basah, para karyawan juga dilatih untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang berbahan karbondioksida dan juga chemical powder, selain itu para karyawan juga diarahkan untuk menggunakan selang air yang terdapat di area hotel.

“Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta yang fokus dalam industri jasa dan pelayanan terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu karyawan sebagai garda terdepan penyedia jasa juga harus diberikan pelatihan penanggulangan kebakaran sehingga dapat menunjang dalam memberikan pelayanan terbaik dan cepat tanggap saat terjadi kebakaran di area hotel”, ucap Wawan E Sukmawan selaku General Manager Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta.

Melalui kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini, Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta berharap para tamu menjadi lebih nyaman dan aman ketika berkunjung maupun menginap. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement