Advertisement

Sukses di Event Mandalika, Ini Dukungan Telkom Group dalam Asean Para Games 2022 Solo

Media Digital
Kamis, 04 Agustus 2022 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sukses di Event Mandalika, Ini Dukungan Telkom Group dalam Asean Para Games 2022 Solo Telkom Group beri dukungan dalam Asean Para Games 2022 Solo - Ist

Advertisement

SOLO—Sama seperti event MotoGP Mandalika, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) juga mendukung penuh pelaksanaan Asean Para Games XI 2022 yang diadakan mulai 30 Juli 2022-6 Agustus 2022 di Kota Solo. Sebagai perusahaan digital telco terdepan, PT Telkom Indonesia pun memberikan dukungan terkait IT Digital Conectivity selama pelaksanaan Asean Para Games XI berlangsung.
Pada pelaksanaan event turnamen olahraga untuk atlet difabel se-Asia Tenggara atau Asean Para Games XI 2022, ini segala persiapan telah dilakukan PT Telkom jauh hari sebelumnya.

Diketahui, lokasi pelaksanaan Asean Para Games XI 2022 meliputi dua kota, yakni Surakarta atau Solo dan Semarang, serta dua Kabupaten yaitu Karanganyar dan Sukoharjo. Ada sekitar 2.500 atlet kelas dunia dari 11 Negara Asean yang berkompetisi pada 14 cabang olahraga di event tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bahkan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan, Pgs Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Venusiana, telah melakukan peninjauan di venue Stadion Manahan pada Rabu (27/07/2022) lalu. Pada kunjungan ke Stadion Manahan, rombongan fokus meninjau ruang panel, media center, dan control room. Kunjungan dilanjutkan ke Witel Solo melihat kesiapan tim Telkom Group untuk Asean Para Games XI. Berlokasi di ruang Network Operation Center (NOC), Venusiana beserta jajarannya meninjau jaringan telekomunikasi di 14 venue yang ada di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Venusiana mengatakan kepercayaan yang telah diberikan kepada Telkom dalam kegiatan tersebut menjadi sebuah kehormatan bagi Telkom. Dimana Telkom kembali dipercaya sebagai official telco partner untuk event-event internasional. Kami ini adalah Asean Para Games XI 2022.

“Telkom akan memastikan seluruh infrastruktur dan tim siap mengamankan perhelatan olahraga internasional yang menjadi pride bagi Indonesia. Kami berkomitmen akan menjaga layanan telekomunikasi di seluruh venue berjalan lancar dan sukses baik secara kapasitas dan kualitas layanan,” kata Venus dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (4/8/2022). 

Hingga saat ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh Telkom untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022. Untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama acara, Telkom Group menyediakan akses internet sebesar 3.820 Mbps, 142 access point WiFi.Id, 87 Node BTS (2G/3G/4G) serta layanan Metro-E sebesar 560 Mbps. Kesiapan layanan serta infrastruktur tersebut dikawal secara maksimal melalui pembentukan Satgas (satuan tugas) Asean Para Games XI 2022.

Keandalan layanan konektivitas juga dipastikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pada sejumlah titik lokasi yang diantaranya terdapat di 14 venue pertandingan, 18 akomodasi atlet, dan 2 venue utama.

Tidak hanya itu, tersedia 5 Sentra Telepon Otomat (STO) yang akan mencatu konektivitas di 14 venue, sebanyak 13 venue berlokasi di Solo serta 1 venue di Semarang. Masing-masing venue mengadopsi sistem dual homing dengan memiliki 2 akses lastmile yang terdiri dari 4 core agar memungkinkan sebuah perangkat jaringan untuk terhubung ke perangkat lain melalui dua titik dan jalur yang berbeda.
Sebagai antisipasi pengamanan serangan siber, Satgas Telkom Group juga menyediakan sistem monitoring yang siap memberikan incident response dalam 24 jam setiap harinya selama penyelenggaraan acara.

Advertisement

Pengawalan maksimal terkait infrastruktur konektivitas sepanjang event Asean Para Games XI 2022 diamankan secara kolaboratif oleh seluruh stakeholders Telkom Group. Di antaranya melalui penyediaan 365 tenaga teknis pada setiap venue serta manajemen eskalasi skala nasional berupa 6 posko yang tersebar di Solo. Menjelang penyelenggaraan acara, telah diadakan rehearsal test yang bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan keyakinan seluruh personil Satgas dalam mengawal suksesnya Asean Para Games XI 2022.
Pada Selasa (2/8/2022), Espos juga berkesempatan untuk mengunjungi ruang Network Operation Center (NOC), di Witel Solo.

Didampingi GM Telkom Solo, Pribadi Nirwana, dan Deputy EVP Infrastruktur Divisi Telkom Regional IV, Cholis Safrudin, Espos turut melihat aktivitas para petugas di Posko Telkom Group 11th Asean Para Games Solo 2022 di Witel Solo dalam memastikan kualitas layanan Telkom selama event Asean Para Games berlangsung.

Disampiakan Cholis, ada beberapa venue yang saat ini terus dipantau Satgas Asean Para Games XI 2022 dari Telkom. “Untuk yang paling banyak sebenarnya ada di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo. Lalu ada satu venue di Kota Semarang. Jadi total ada empat kota/kabupaten yang terlibat. Untuk Solo, Karanganyar dan Sukoharjo ini dikover Witel Solo. Kemudian untuk Semarang ada Witel Semarang,” jelas dia.

Advertisement

Dia mengatakan layanan yang disediakan untuk event Asean Para Games Solo di antaranya bandwidth (metro-E dan Astinet), Wifi, LAN, SNG atau Satelliter News Gathering serta Telkomsel.

Pengawalan Kualitas

Agar semua layanan berjalan aman, telah ada pengawalan kualitas yang melibatkan 365 orang yang bertugas melakukan pengawalan selama 24 jam. Serta ada enam posko yang diaktifkan baik posko petugas jaga di venue, Poko NOC, Posko Wilayah, Posko Regional hingga Posko Nasional. Pengawalan akan terus dievaluasi setiap harinya untuk memastikan semua berjalan aman dan lancar. Selain itu juga didukung machine learning. “Ada sistem robot yang juga memantau ini semua,” lanjut dia.

Dia mengatakan dukungan semacam ini sebelumnya juga dilakukan PT Telkom Indonesia untuk event besar lainnya. Seperti event PON Jaya Pura, event Mandalika baik untuk superbike hingga motocross dan sebagainya.

Advertisement

Dukungan infrastruktur telekomunikasi pada event ini menjadi salah satu perwujudan komitmen Value Creation for The Nation dari Telkom Group. Di samping menyediakan infrastruktur dan layanan ICT berkualitas, Satgas Telkom Group juga menjaga penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perhatian, Ini Rencana Pengalihan Lalu Lintas dari Maguwo ke UIN Saat Pernikahan Kaesang-Erina Sabtu Besok

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement