Advertisement

Resmi Buka GIIAS 2022, Airlangga Hartarto: Mobil Listrik Mendominasi

Media Digital
Kamis, 11 Agustus 2022 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Resmi Buka GIIAS 2022, Airlangga Hartarto: Mobil Listrik Mendominasi Airlangga Hartarto. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto secara resmi membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8/2022).

Mengambil tema The Future Is Bright, gelaran GIIAS 2022 kini menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) untuk masyarakat Tanah Air.

Advertisement

Menurut Menko Perekonomian, pemerintah sudah memberi banyak insentif untuk menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia melalui berbagai regulasi.

"Pemerintah sudah mengeluarkan insentif lewat PP No.74/2021 dan PP No.73/2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah,” ucap Menko Airlangga saat membuka GIIAS 2022 di Tangerang Selatan, Kamis (11/8/2022).

BACA JUGA: Booth ‘Daihatsu Awesomeverse’ di GIIAS 2022, Berikan Warna dan Pengalaman Baru Luar Biasa ke Pengunjung

Airlangga mengatakan, regulasi dan insentif dari pemerintah disambut positif pabrikan otomotif melalui banyaknya kendaraan listrik di pameran tahun ini. 

Bahkan, menurut Airlangga, GIIAS tahun ini menjadi yang pameran bagi kendaraan listrik paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saya kira mobil listrik [EV] relatif lebih banyak kali ini dibandingkan pameran-pameran GIIAS sebelumnya. Saya apresiasi, selamat,” kata Airlangga.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar ini, kebijakan dan subsidi dari pemerintah bisa membuat harga kendaraan listrik bisa bersaing dengan kendaraan konvensional berbahan bakar minyak.

Airlangga mengaku, pemerintah juga mendorong PLN menyiapkan ekosistem untuk kendaraan listrik, melalui stasiun pengisian listrik. “PLN juga didorong untuk membuat ekosistem charging station sehingga masyarakat lebih mudah untuk memilih EV yang saat ini mulai bisa bersaing di range Rp 200-300 juta,” tegas Menko Perekonomian.

Bahkan, Airlangga optimistis Indonesia mampu menjadi eksportir produk kendaraan ke luar negeri. Tercatat, saat ini produk otomotif dari Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. "Ini bukti kemampuan manufaktur Indonesia terus membaik,” ujar Airlangga.

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2022, Rizwan Alamsjah mengakui GIIAS tahun ini memang menjadikan kendaraan listrik sebagai salah satu fokus utama.

Bahkan, pengunjung juga bisa mencoba langsung kendaraan listrik selama pameran yang berlangsung 10 hari mulai 11-21 Agustus 2022 tersebut. "Untuk memperkenalkan masyarakat kepada berbagai keunggulan kendaraan listrik, GIIAS 2022 mempersiapkan sebuah area khusus yang berada di dalam ruangan, GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track," kata Rizwan Alamsjah.

Tercatat 11 merek kendaraan roda empat yang menyatakan akan berpartisipasi di program Indoor EV Test Track. Yakni, DFSK, Fuso, Hyundai, KIA, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Toyota, dan Wuling.

Selain itu, ada empat merek dari kendaraan roda dua yang akan bergabung yaitu Alva, Pacific E-Series, Segway, dan Selis. GIIAS 2022 juga menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement