Advertisement

Tingkatkan Penggunaan Produksi Dalam Negeri di Lingkungan BUMN, Telkom Lakukan Sharing P3DN

Media Digital
Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tingkatkan Penggunaan Produksi Dalam Negeri di Lingkungan BUMN, Telkom Lakukan Sharing P3DN Telkom melakukan sosialisasi P3DN secara daring kepada 5 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Perum Perumnas, PT PAL Indonesia (Persero) dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dipimpin oleh Ketua Tim P3DN TelkomGroup Soendojoadi beberapa waktu yang lalu. Pada sosialisasi ini, Telkom memaparkan proses implementasi P3DN di lingkungan TelkomGroup, baik dari sisi strategi, roadmap, regulasi, aktivitas maupun kontrol pencapaiannya. - Ist

Advertisement

JAKARTA-Dalam rangka mendukung program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan wujud keberpihakan korporasi kepada industri dalam negeri di lingkungan BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan sosialisasi P3DN kepada 5 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Perum Perumnas, PT PAL Indonesia (Persero) dan PT Jasa Raharja (Persero). Pada sosialisasi ini, Telkom memaparkan proses implementasi P3DN di lingkungan TelkomGroup, baik dari sisi strategi, roadmap, regulasi, aktivitas maupun kontrol pencapaiannya.

Ketua Tim P3DN TelkomGroup, Soendojoadi, mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan wujud komitmen Telkom dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di lingkungan BUMN melalui pengembangan kapabilitas secara sinergi, serta meningkatkan ekonomi nasional. Untuk menyukseskan implementasinya, Telkom membentuk tim khusus sesuai dengan amanat pemerintah dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2022 yang berisi instruksi pembentukan Tim P3DN, Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 pasal 56 mengenai pemberdayaan industri, serta Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional P3DN.

Advertisement

“Tim khusus ini bertanggung jawab untuk mengawal aktivitas P3DN internal TelkomGroup, khususnya menjamin kualitas layanan dengan menggunakan produk TKDN yang berkualitas & cost effective. Kami berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah terkait P3DN, yang dibentuk untuk fokus dalam penyiapan fundamental strategi dan aturan, serta mekanisme yang diperlukan dalam pelaksanaan implementasi,” ungkap Soendojoadi dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (16/8/2022). 

Dalam menjalankan tugasnya, Tim P3DN TelkomGroup berinteraksi dengan pihak-pihak yang ada di ekosistem TKDN yaitu regulator, lembaga survey, dan supplier. Dari sisi regulator sendiri, kendali koordinasi P3DN secara nasional dilakukan oleh Timnas P3DN yang berisi 3 Kelompok Kerja (Pokja) antara lain Pokja Sosialisasi, Pokja Implementasi, dan Pokja Pemantauan P3DN. Telkom sendiri masuk di dalam Pokja Sosialisasi Tim Nasional P3DN tersebut.

Demi menyukseskan implementasi P3DN Nasional, Telkom mengambil peran melalui integrasi dan rearsitektur 19 aplikasi P3DN di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian BUMN. Selain itu Telkom juga turut serta dalam membangun platform Padi UMKM sebagai jembatan transaksi B2B dan e-Procurement antara UMKM dan BUMN, mewadahi 15 ribu UMKM B2B ke e-Katalog nasional dan sektoral, serta mendukung Kementerian Koperasi dan UKM untuk percepatan pengembangan dan komersialisasi UMKM di e-Katalog dan marketplace.

Ke depannya, Telkom akan mengembangkan infrastruktur dan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Pemerintah beserta sistem pendukung sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sebelumnya, Telkom turut mendukung dan menyukseskan Gernas BBI dengan menghadirkan virtual expo yaitu platform berbasis web sebagai bentuk inovasi digital 3-dimensi yang hadir melalui solusi virtual exhibition yang memberikan pengalaman daring yang interaktif selama berjalannya pameran, expo, atau conference bagi pengunjung. 3D Virtual Exhibition ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan alam, budaya, dan UMKM yang ada di Indonesia yang sangat beragam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement