Advertisement

Kredit Kendaraan Bermotor Meningkat per Juli 2022, Ternyata Ini Penyebabnya

Dionisio Damara
Minggu, 21 Agustus 2022 - 08:07 WIB
Bhekti Suryani
Kredit Kendaraan Bermotor Meningkat per Juli 2022, Ternyata Ini Penyebabnya Kendaraan bermotor terjebak kemacetan lalu lintas di jalan di atas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II yang belum beroperasi di Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Permintaan kredit kendaraan bermotor (KKB) pada Juli 2022 tercatat mengalami peningkatan tecermin dari Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan yang dirilis oleh Bank Indonesia.

Bank sentral dalam laporan itu menyebutkan permintaan pembiayaan rumah tangga melalui kredit meningkat. Pangsa responden rumah tangga yang melakukan penambahan biaya melalui kredit mencapai 10,3 persen pada Juli 2022, lebih besar dari bulan sebelumnya 8,9 persen.

Pinjaman bank masih menjadi sumber utama pemenuhan pembiayaan rumah tangga pada Juli 2022, dengan pangsa pasar 37,4 persen. Sumber lainnya adalah koperasi 19,8 persen, leasing 19,3 persen, dan teman mencapai 9,1 persen.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berdasarkan jenis penggunaannya, KKB tercatat mengalami peningkatan pangsa dari 23,4 persen pada Juni 2022 menjadi 25,1 persen per Juli. Perhitungan ini terpantau dari pengajuan pembiayaan baru yang dilakukan oleh responden rumah tangga.

Geliat peningkatan KKB turut melanjutkan kinerja yang ditorehkan sepanjang Juni 2022. Pada periode tersebut, bank sentral mencatat penyaluran KKB mencapai Rp108,2 triliun atau tumbuh 8,4 persen secara year-on-year (yoy).

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah memproyeksikan pertumbuhan KKB akan berlanjut hingga akhir tahun seiring dengan pelonggaran mobilitas dan aktivitas masyarakat yang semakin normal.

BACA JUGA: 35 Persen Lahan Tol Jogja-Bawen Belum Berhasil Dibebaskan, Ini Rinciannya

“Dengan latar belakang ini apabila mobilitas masyarakat terus tidak terganggu, penjualan kendaraan bermotor akan terus meningkat, demikian juga dengan pembiayaannya atau KKB, dan bisa tumbuh dua digit pada 2022,” kata Piter,

Piter menyebutkan salah satu peluang yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut adalah masih tingginya harga komoditas dan pemulihan ekonomi. Sementara itu, ketidakpastian dan kenaikan harga dinilai masih menjadi tantangan.

Advertisement

Namun, dia menyatakan meski ada kenaikan harga dan suku bunga, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor diperkirakan akan tetap melaju. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement