Advertisement

Jenis Asuransi Mobil Paling Lengkap dan Cara Klaim Termudah

Media Digital
Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:47 WIB
Bhekti Suryani
Jenis Asuransi Mobil Paling Lengkap dan Cara Klaim Termudah Ilustrasi asuransi mobil - Ist

Advertisement

Bicara mengenai asuransi, tidak lengkap rasanya jika belum membahas mengenai asuransi kendaraan, terutama mobil. Dengan adanya layanan asuransi kendaraan, maka nasabah bisa meminimalisir berbagai risiko kecelakaan untuk melindungi kendaraan kesayangan.

Asuransi kendaraan sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan. Sebagai nasabah yang cerdas, pastinya Anda harus memilih asuransi mobil paling lengkap yang menyediakan layanan sesuai kebutuhan.

Salah satu perusahaan asuransi mobil yang memberikan pelayanan paling lengkap adalah Sinar Mas. Nama asuransi Sinar Mas tentunya tidak asing lagi karena menjadi salah satu pemimpin asuransi di Indonesia sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Surat edaran tersebut mencakup tentang harga premi asuransi, jenis polis, serta wilayah pertanggungan. Perusahaan ini juga memiliki bengkel rekanan asuransi mobil Sinar Mas.

Berdasarkan surat edaran OJK tersebut, faktor-faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil adalah sebagai berikut:

  • Nilai kendaraan
  • Wilayah domisili
  • Jenis kendaraan
  • Jenis penggunaan
  • Usia kendaraan
  • Jenis asuransi yang dipilih
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Rekomendasi Jenis Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Asuransi mobil terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi mobil Sinar Mas menyediakan tiga jenis polis yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Ketiga jenis asuransi mobil tersebut antara lain:

1. Asuransi Mobil Comprehensive/All Risk

Jenis asuransi mobil ini dapat melindungi mobil Anda secara menyeluruh dari berbagai kerusakan maupun kerugian. Baik berupa kerusakan minor seperti penyok atau kerusakan besar seperti bodi mobil berubah bentuk akibat tabrakan.

Advertisement

Bukan hanya melindungi kerusakan saja, asuransi mobil comprehensive juga memberikan perlindungan mobil Anda dari pencurian. Dengan begitu, maka kehilangan mobil akibat pencurian bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan syarat yang berlaku.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil TLO adalah pelayanan asuransi berupa perlindungan terhadap mobil dari risiko kehilangan serta kerusakan yang memiliki total biaya perbaikan sama dengan atau lebih besar dari 75% dari harga mobil tersebut sesaat sebelum terjadinya kerusakan tersebut.

Jenis asuransi ini biasanya hanya dikhususkan untuk kendaraan baru maupun bekas. Namun, apapun kondisi kendaraan tersebut baik baru atau bekas sebenarnya bisa saja membeli jenis jaminan asuransi TLO ini.

Advertisement

3. Asuransi Third Party Liability (TPL)

Berbeda dengan dua jenis asuransi mobil sebelumnya, asuransi third party liability memberikan jaminan perlindungan mobil dari tuntutan yang diberikan oleh pihak ketiga.

Kelebihan dari asuransi ini adalah dapat dibeli secara terpisah dari asuransi TLO maupun All Risk. Pasalnya, polis ini berdiri sendiri atau bisa dibeli secara gabungan dengan asuransi All Risk atau TLO.

Cara Klaim Asuransi Saat Mobil Mengalami Kecelakaan

Sebagai salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia, Sinar Mas pastinya memberikan layanan yang mempermudah para nasabah.

Termasuk layanan untuk klaim asuransi. Jika mobil mengalami kecelakaan, langkah klaim asuransi adalah sebagai berikut:

Advertisement

  • Laporkan kerugian atau kecelakaan paling lambat 5 hari setelah kejadian baik melalui email, customer service, registrasi dengan layanan online, atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.
  • Perusahaan akan melakukan survei terhadap laporan yang diterima.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk klaim secara lengkap.
  • Perusahaan akan melakukan penilaian terhadap hasil survei.
  • Perusahaan memberikan surat perintah kerja supaya kendaraan segera diperbaiki di bengkel rekanan asuransi Sinar Mas.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk klaim asuransi mobil jika mengalami kecelakaan. Dalam hal ini, dokumen yang perlu disiapkan berupa formulir klaim, SIM, STNK, polis asuransi KTP, dan surat tanda penerima laporan dari kepolisian setempat.

Cara klaim asuransi mobil untuk kerugian lain seperti mobil hilang atau tuntutan pihak ketiga sebenarnya hampir sama. Namun, ada beberapa langkah lain yang harus dilakukan serta dokumen lain yang harus disiapkan.

Pastikan Anda memilih polis asuransi mobil dari perusahaan yang terpercaya agar perlindungan mobil bisa lebih optimal. Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu mengenai jenis polis asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhan serta kondisi finansial Anda. (**)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement