Advertisement

Tokopedia Ungkap Total Bantuan Paket Makanan dan Tren Belanja Kuartal III 2022

Media Digital
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 17:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Tokopedia Ungkap Total Bantuan Paket Makanan dan Tren Belanja Kuartal III 2022 Bantuan paket sembako dari Tokopedia dan Yayasan Benih Baik untuk masyarakat terdampak banjir di Garut, Jawa Barat./Ist

Advertisement

JOGJA—Menyambut Hari Pangan Sedunia yang akan tiba pada 16 Oktober 2022 mendatang, perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan, Tokopedia, mengungkapkan total bantuan paket makanan pokok dari perusahaan maupun pengguna yang berhasil disalurkan.

“Sepanjang 2022, Tokopedia bersama pengguna, dengan menggandeng berbagai lembaga kemanusiaan seperti Yayasan Benih Baik, telah menyalurkan puluhan ribu paket makanan pokok kepada masyarakat prasejahtera terutama yang terdampak bencana dan pandemi, lewat sejumlah program donasi,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ekhel menuturkan selain mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat agar semakin peduli akan isu ketahanan pangan lewat donasi, Tokopedia juga berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan pokok–dalam hal ini pangan–melalui beragam inisiatif, salah satunya ‘Tokopedia NOW!’.

Tokopedia NOW! merupakan layanan yang menerapkan teknologi geo-tagging dan memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian termasuk sembako dari penjual terdekat, dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. 

Animo masyarakat akan kehadiran layanan Tokopedia NOW! meningkat signifikan. Terbukti dari peningkatan jumlah transaksi lewat Tokopedia NOW! di kuartal III 2022 yang mencapai 24 kali lipat dibanding periode yang sama di tahun 2021.

Tokopedia pun membagikan temuan menarik lainnya terkait tren belanja masyarakat akan produk sembako di Tokopedia NOW! sepanjang kuartal III 2022. 

Dalam kategori produk sembako paling populer, beras, telur ayam dan ayam fillet menjadi beberapa produk sembako yang paling banyak dicari masyarakat.

Kemudian, kategori paling laris, yaitu beberapa kategori yang paling banyak dibeli masyarakat antara lain sayur dan buah segar, telur dan olahan susu, bumbu masakan, snack dan es krim, hingga mie, pasta dan bihun.   

Advertisement

Selanjutnya, pertumbuhan transaksi dan pembeli sembako. Wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Semarang menjadi beberapa wilayah dengan jumlah transaksi dan pembeli produk sembako tertinggi.

Selain Tokopedia NOW!, Tokopedia di sisi lain mendorong para pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung atau toko kelontong, memanfaatkan aplikasi ‘Mitra Tokopedia’ agar bisa menyetok barang dagangan termasuk sembako dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan Mitra Tokopedia, pegiat usaha tradisional dapat terus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok seperti sembako serta berkontribusi ke ekonomi digital,” kata Ekhel.

Advertisement

Sepanjang kuartal III 2022, Jakarta Utara, Tangerang, Malang, hingga Gowa dan Maros (Sulawesi Selatan) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pegiat usaha tradisional, sekaligus pengguna aplikasi Mitra Tokopedia, yang menjual sembako.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement