Advertisement

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Perempuan Yogyakarta

Media Digital
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Perempuan Yogyakarta Kepala Divisi Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Tokopedia , Emmirzyan (kedua dari kiri) dan Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini (kedua dari kanan) berfoto bersama pelaku UMKM perempuan Yogyakarta yang mengikuti diskusi publik Kelas Perempuan Maju Digital Yogyakarta./Ist

Advertisement

JOGJA—Dengan semangat #SelaluAdaSelaluBisa Tokopedia terus berkomitmen melakukan pendampingan dan pembekalan pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan lewat beragam topik. Demi memberikan panggung seluasnya terhadap pelaku UMKM Perempuan, kali ini Tokopedia mengadakan rangkaian acara “Kelas Perempuan Maju Digital Yogyakarta: Peran, Tantangan Serta Peluang Bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional” dan “Kelas Maju Digital Pemula & Fasilitasi OSS NIB Yogyakarta”.

Melalui diskusi publik yang diselenggarakan pada 11 Oktober 2022 di Royal Malioboro ASTON, Tokopedia berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, dan UPRINTIS Indonesia memfasilitasi UMKM Kota Yogyakarta memanfaatkan aplikasi Tokopedia sebagai teknologi digital untuk mengembangkan kegiatan usaha secara maksimal di tengah pandemi. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Diskusi publik ini menjadi sebuah upaya Tokopedia untuk mengembangkan ekonomi masyarakat daerah, khususnya menguatkan pengusaha perempuan untuk tetap optimis mengembangkan kompetensi di bidang digital marketing untuk memperluas dan meningkatkan usaha pelaku UMKM,” kata Kepala Divisi Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Tokopedia, Emmiryzan.

Selain membantu UMKM pemula untuk memiliki toko online di Tokopedia, melalui semangat Yang Lokal Yang Juara, Tokopedia turut memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM Yogyakarta.

“Dengan berkolaborasi bersama Garda Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro), Tokopedia melakukan pendampingan kepada merchant pelaku UMKM Tokopedia di Kota Yogyakarta agar dapat mengantongi NIB melalui sistem Online Single Submission (OSS). Sehingga memudahkan pelaku UMKM mendapat program bantuan dari pemerintah dan mendapatkan perlindungan hukum terhadap usaha,” tambah Emmiryzan.

“Kami berharap adanya kolaborasi ini dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui pemberdayaan UMKM di Yogyakarta dalam mengembangkan usaha menggunakan teknologi. Sehingga perekonomian DIY dapat terus tumbuh dan bangkit kembali walau sempat terdampak pandemi," ucap Kepala Dinas Koperasi & UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi yang turut hadir pada acara “Kelas Maju Digital Pemula & Fasilitasi OSS NIB Yogyakarta” di Griya UMKM Yogyakarta (12/10/2022).

Tokopedia juga gencar menghadirkan beragam program melalui inisiatif hyperlocal demi memudahkan penjual. Dengan teknologi geo-tagging yang bertujuan untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Gencarnya berbagai kampanye turunan inisiatif hyperlocal turut mendorong pertumbuhan jumlah penjual perempuan di Tokopedia meningkat sebesar hampir 2x lipat selama semester I 2022 dibandingkan periode sama 2021.*

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tekan Angka Stunting, BKKBN Libatkan Penyuluh Agama

Sleman
| Rabu, 30 November 2022, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement