Advertisement

Dukung UMKM Jateng-DIY, Grade Kenalkan Kemasan Ramah Lingkungan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 19 Oktober 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dukung UMKM Jateng-DIY, Grade Kenalkan Kemasan Ramah Lingkungan Kegiatan Pameran Food, Beverage & Chef Festival (FBC Solo) di De Tjolomadoe, Solo, akhir pekan lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk mendukung program pemerintah di seluruh Indonesia dalam mengembangkan UMKM dan program mengurangi sampah plastik di beberapa kota, Grade hadir dengan produk kemasan solutif yang ramah lingkungan.

Manajer Marketing PT Maesindo Indonesia Roland Kadhafi mengatakan Grade mengenalkan kantong kertas (paperbag) yang cocok untuk berbagai jenis usaha UMKM. Kemasan ramah lingkungan tersebut dikenalkan pada Pameran Food, Beverage & Chef Festival (FBC Solo) di De Tjolomadoe, Solo beberapa waktu lalu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam pameran makanan, minuman dan kompetisi chef tahun 2022 itu, katanya, Grade membawa berbagai produk kertas yang tepat untuk bisnis kuliner. Baik sebagai kemasan utama dan juga dekorasi, antara lain Cake Case (kertas nastar), Doilies Paper (kertas renda) maupun Paper Bag (kantong kertas). 

"Berbagai varian dihadirkan untuk membantu pengusaha kuliner dalam mengembangkan bisnisnya, juga bertujuan melekatkan citra ramah lingkungan serta kekinian," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Cara Cek Nama Anda Terkena BI Checking Atau Tidak

Ini kedua kalinya Grade berpameran FBC Solo dengan menggandeng distributor lokal, CV Sanaga Mandiri. Selama tiga hari kurang lebih 300 kunjungan khusus di booth Grade saja, baik dari pehobi masak, pebisnis kuliner, hingga pemilik toko bahan kue dan kemasan, tambahnya. "Kami berharap paperbag [kantong kertas] menjadi solusi kemasan kekinian bagi UMKM Solo Raya, Jogja, hingga ke Jawa Timur, bikin keren, makin laku jualannya," harapnya.

Presiden Indonesia Chef Association (ICA), Chef Susanto menambahkan berdasarkan data kementerian, saat ini industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan. Industri ini telah pulih dari pandemi Covid-19 dan saat ini menjadi momentum yang tepat bagi produsen dan konsumen untuk kembali melakukan transaksi.

Ia mengajak lebih banyak orang untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan. Grade menggandeng Chef Ajeng Anis untuk mendemokan produk kertasnya. Pengaplikasian pada berbagai kue dan jajanan pasar hingga dekorasi pada kemasan menambah inspirasi UMKM dalam mengembangkan bisnis kuliner. 

Advertisement

Grade pun menggandeng IKIPACK untuk memperkuat kemasan berbahan dasar kertas ramah lingkungan. Berupa kemasan dus / box untuk makanan, pakaian, souvenir, oleh-oleh, dan barang lainnya. "Kuncinya adalah dengan sentuhan kreatifitas, dipadu kemasan kertas, pasti jualan ibu-ibu lebih menarik, lebih elegan," ujarnya. *

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tekan Angka Stunting, BKKBN Libatkan Penyuluh Agama

Sleman
| Rabu, 30 November 2022, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement