Advertisement

1801 Warga Purbalingga Terima Sambung Baru Listrik Gratis PLN dari Pemerintah

Media Digital
Selasa, 01 November 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
1801 Warga Purbalingga Terima Sambung Baru Listrik Gratis PLN dari Pemerintah PLN salurkan listrik gratis kepada warga kurang mampu. - ist

Advertisement

PURBALINGGA-Masih dalam rangkaian Hari Listrik Nasional, PLN bersinergi dengan Kementrian ESDM menyalurkan bantuan sambung listrik gratis kepada 1801 warga kurang mampu di 16 kecamatan Kabupaten Purbalingga.

Secara simbolis, peresmian Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di wilayah Kabupaten Purbalingga dilaksanakan di Desa Bumisari pada Senin (31/10) dan dihadiri oleh Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Saleh Siswanto, Anggota Komisi VII DPR RI, Rofik Hananto, dan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, M.P. Dwi Nugroho.

Advertisement

Saleh Siswanto menyampaikan bahwa program BPBL ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat.

"Sesuai dengan semangat pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat, PLN mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Kementerian ESDM untuk melaksanakan program BPBL APBN tahun anggaran 2022."

Saleh juga menyampaikan bahwa PLN selalu berkomitmen membangun akses ketenagalistrikan dan senantiasa berupaya memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang handal serta berkualitas bagi masyarakat dan berharap agar penerima bantuan dapat menggunakan listrik dengan bertanggungjawab dan bijak.

Dalam kesempatan ini pula Rofik Hananto menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada PLN dan Kementerian ESDM atas sinergi dua lembaga ini dalam penyaluran BPBL dan berharap supaya bantuan berupa penyambungan listrik gratis dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Kami ucapkan terimakasih kepada PLN dan Kementrian ESDM atas sinerginya dalam melaksanakan mandat pemerintah yaitu program BPBL ini. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Kalau dulu masyarakat numpang listrik di tetangga dan waktu ditanya bayarnya iuran 100ribu per bulan pakai ngga pakai, sekarang sudah bisa punya sendiri tapi jangan lupa punya kewajiban bayar."

Sementara itu, ekspresi bahagia dan ucapan terimakasih datang dari penerima bantuan yang diantaranya adalah Markini, seorang yatim piatu yang telah tinggal sendiri selama puluhan tahun. Baginya bantuan ini sangat bermanfaat karena sebelumnya markini menumpang listrik pada saudaranya.

"Terimakasih atas bantuan pemasangan listrik gratis dari PLN. Kalau kemarin saya numpang listrik dari saudara sekarang sudah punya listrik sendiri." tutur Markini.

Penyambungan ini merupakan bagian dari program pemerintah Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang dilaksanakan secara nasional kepada 80 ribu warga tidak mampu sepanjang tahun 2022.

Bantuan pasang baru listrik ini meliputi instalasi tenaga listrik dan biaya pemasangannya, biaya sertifikasi laik operasi, biaya penyambungan baru ke PLN, dan pengisian token listrik perdana. Para penerima manfaat adalah masyarakat kurang mampu yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Program ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI (Permen ESDM) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement