Advertisement

Kaesang Effect, Rental Mobil Mewah di Jogja Kebanjiran Pesanan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 06 Desember 2022 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Kaesang Effect, Rental Mobil Mewah di Jogja Kebanjiran Pesanan Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep (topi) mengikuti gladi bersih pernikahan di pendopo Royal Ambarukmo, Deok, Sleman, Selasa (6/12/2022). Gladi bersih tersebut sebagai persiapan kpernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan dilangsungkan pada Sabtu 10 Desember 2022 di pendopo tersebut. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dampak pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, atau biasa dikenal dengan istilah Kaesang Effect, mulai terasa di Jogja. Tak hanya bisnis penginapan yang mendapat kenaikan okupansi menjelang pernikahan Kaesan dan Erina Gudono, sejumlah pengusaha persewaan mobil mewah di Jogja juga kebanjiran pesanan.

Owner JNT Transport Sugiyanto mengatakan sebanyak 10 unit mobil Toyota Alphard di tempatnya sudah dipesan untuk perayaan pernikahan Kaesang-Erina. Selain Alphard, Toyota Fortuner dan Innova Reborn masing-masing lima unit juga ikut dirental. "Yang masuk iring-iringan kepresidenan juga ada itu, yang Premio Luxury. Jadi ada unit yang dibawa ke Solo," kata pria yang akrab disapa Pakde Yanto ini kepada Harian Jogja, Senin (5/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Para tamu  merental kendaraan mewah antara 6-13 Desember, ada juga yang mulai dari 8-11 Desember. Selain dirental staf kepresidenan dan kementerian, kendaraan mewah juga disewa korporasi. Yanto memperkirakan total kebutuhan Alphard sekitar 40 unit di DIY. Jumlah tersebut bisa saja lebih banyak karena rangkaian kegiatan pernikahan akan berlajut di Solo.

"Kalau di Solo kemungkinan kebutuhan mobil mewahnya lebih banyak daripada acara di Jogja. Untuk harga sewa ya standar lah. Soalnya sudah langganan [dipesan tamu VVIP]. Saya sampai nolak pesanan karena kehabisan [stok]," katanya.

Menurut Yanto, kenaikan persewaan mobil mewah tidak hanya karena pernikahan Kaesang-Erina. Selama setahun terakhir atau sejak pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat, bisnis rental mobil mewah mulai menggeliat. Hal itu dikarenakan banyak agenda kementerian dan korporasi di DIY.

"Soalnya banyak kegiatan yang dipusatkan di Jogja. Saat G20 kemarin rental kendaraan sudah tinggi. Belum lagi kegiatan kementerian dan perusahaan lainnya. Alhamdulillah ini berkah bagi pengusaha rental," kata Yanto.

BACA JUGA: Pernikahan Kaesang Erina Usung Konsep Mataram Islam

Hal senada disampaikan oleh Dinda dari Heri Rental Mobil. Dari dua Toyota Alphard di tempatnya, hanya satu unit yang belum keluar. Unit-unit lainnya sudah dipesan untuk digunakan saat pernikahan Kaesang-Erina. "Tinggal yang Alphard warna putih, yang banyak dipesan Aplhard warna hitam," katanya.

Meski begitu, belum semua rental mobil yang mendapat Kaesang Effect. Sabila Transport misalnya, unit-unit kendaraan mewah di tempat tersebut belum dipesan. "Pernikahan Kaesang-Erina belum berpengaruh terhadap rental mobil di tempat kami," katanya. 

Terpisah, Marketing Communnication Ambarrukmo Plaza Syahrun Alung Ramadan mengaku tidak ada kegiatan khusus menjelang dan saat kegiatan pernikahan Kaesang-Erina yang digelar di Royal Ambarrukmo Hotel. "Kami tetap beroperasi, tidak ada kegiatan khusus," katanya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement