Advertisement

Ide Usaha Sampingan Karyawan agar Bisa Menambah Pemasukan

Media Digital
Sabtu, 10 Desember 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ide Usaha Sampingan Karyawan agar Bisa Menambah Pemasukan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

JOGJA—Menjadi seorang karyawan pasti merasakan suka dan duka. Apalagi jika berbicara tentang masalah gaji dan keuangan. Keuntungan menjadi seorang karyawan yaitu memiliki gaji yang tetap, namun harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Berbicara tentang keuangan, usaha sampingan karyawan harus ditekuni.

Sebab gaji seorang karyawan tidak akan bertambah secara instan. Perlu proses panjang agar mendapatkan gaji tinggi, itupun belum menjadi jaminan. Sehingga mereka perlu usaha sampingan agar bisa mencukupi kebutuhan dan bisa menabung. Apalagi jika mereka terlilit hutang, tentu perlu usaha sampingan agar bisa bebas.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Terkadang mereka mencari cara keluar dari jeratan utang dengan cepat. Sebab mereka merasa terbebani dengan hutang yang dimiliki. Ditambah lagi pendapatan mereka per bulan tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Usaha sampingan karyawan menjadi solusi yang paling jitu agar bisa keluar dari jeratan hutang tersebut.

Ada banyak ide usaha yang bisa dikembangkan untuk para karyawan yang sibuk bekerja. Usaha tersebut bisa dijalani meski mereka memiliki waktu luang yang terbatas. Lantas apa saja sih usaha sampingan yang bisa dijalani para karyawan di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya yang perlu kamu pelajari agar pendapatan lebih stabil.

Ide usaha sampingan karyawan:

1. Memelihara kepiting bakau di rumah

Usaha sampingan karyawan yang cocok untuk kamu geluti yaitu memelihara kepiting bakau di rumah. Di era modern ini banyak sekali terobosan yang bisa kita ikuti untuk masalah bisnis. Salah satunya yaitu memelihara kepiting yang biasanya dilakukan di tambak, kini dapat diterapkan di rumah sehingga banyak keuntungan yang didapat.

Sistem pemeliharaan kepiting bakau ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu memelihara kepiting dalam jangka waktu 15 hingga 20 hari. Sebab proses pemeliharaan kepiting yang kamu lakukan yaitu penggemukan pada kepiting kurus hingga menjadi gemuk. Usaha yang satu ini sangat cocok bagi orang yang sibuk.

Kamu hanya perlu memberikan makan pada waktu pagi hari dan malam hari. Aktivitas padat yang kamu miliki tidak akan terganggu dengan usaha yang satu ini. Usaha sampingan karyawan tersebut akan memberikan keuntungan besar jika melihat harga kepiting bakau di pasaran. Banyaknya peminat kepiting bakau juga menjadi faktornya.

Untuk masalah tempat kamu bisa membeli crab house atau rumah kepiting yang biasanya diisi satu ekor saja. Keuntungan menggunakan tempat ini untuk memelihara kepiting yaitu tidak adanya kanibal. Sehingga semua kepiting akan sehat dan mendapatkan porsi makanan yang sama tanpa adanya rebutan dengan kepiting lainnya.

2. Budidaya ikan nila dan kangkung

Salah satu usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba yaitu budidaya ikan nila dan kangkung. Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan karena ikan nila adalah salah satu jenis ikan paling populer. Banyak orang yang mencari ikan nila karena rasanya yang nikmat. Dan harga ikan nila tersebut cukup untuk memberikan keuntungan.

Proses budidaya ini sangat simple dan tidak memakan tempat. Kamu harus menyediakan kolam ikan nila menggunakan terpal. Kemudian di atas kolam tersebut diletakkan paralon yang berisi kangkung. Apabila kamu menerapkan usaha yang satu ini, dapat dikatakan bahwa sekali dayung satu dua pulau terlampaui.

Usaha sampingan karyawan tersebut sangat cocok untuk orang yang memiliki aktivitas padat. Sebab kamu perlu memberi makan ikan nila pada pagi hari dan sore hari. Sedangkan untuk kangkung akan mendapatkan vitamin dari kotoran ikan nila yang disedot oleh powerhead. Budidaya ini saling menguntungkan antara keduanya.

Kangkung sendiri merupakan sayuran yang sangat diburu oleh masyarakat karena kandungannya. Kamu bisa menjual kangkung pada pengepul dan sebagian dikonsumsi sendiri, begitu juga dengan ikan nila tersebut. Jadi itu dia ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh para karyawan untuk menambah penghasilan.

3. Melirik keberadaan ojek online

Semua pekerjaan akan menjadi berkah apabila kita mengerjakannya dengan cara yang benar. Seperti menjadi seorang ojek online yang kini banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Adanya pekerjaan ojek online cocok untuk menjadi usaha sampingan karyawan. Mereka bisa menambah penghasilan dengan adanya ojek tersebut.

Salah satu platform ojek online terbesar di Indonesia yaitu grab menyediakan lapangan kerja.. Kamu dapat mendaftar menjadi ojek online dengan memasuki Link yang berisi formulir pendaftaran. Untuk bisa gabung GRAB Driver dapat kamu lakukan dengan mudah pada link ini. Jangan pernah meremehkan menjadi ojek online, buruan coba!

Berbagai usaha sampingan harus dilakukan oleh para karyawan yang memiliki gaji minim. Seperti 3 contoh usaha sampingan karyawan yang tidak memakan waktu. Kamu bisa mencoba salah satu usaha di atas agar bisa menambah pendapatan setiap bulannya. Lantas usaha mana yang akan kamu pilih dari ketiganya?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement