Advertisement

Diluncurkan di Jogja, FlipFlopTV Dorong Sineas Terus Berkarya

Media Digital
Selasa, 20 Desember 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Diluncurkan di Jogja, FlipFlopTV Dorong Sineas Terus Berkarya Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X (tengah) bersama Presiden Direktur yang juga Founder FlipFlopTV, Ricardo Tobing (kedua dari kiri) saat Grand Launching FlipFlopTV di Jogja Nasional Museum (JNM), Selasa (20/12/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA — Sebagai sebuah kanal streaming baru karya anak-anak Indonesia, FlipFlopTV mulai dikenalkan di Jogja, Selasa (20/12). Platform digital ini memberikan ruang dan mendorong Sineas Indonesia untuk terus berkarya. 

Wakil Gubernur (Wagub) DIY, KGPAA Paku Alam X yang mewakili Gubernur DIY Sultan HB X secara resmi meluncurkan FlipFlopTV.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia berharap platform tersebut mampu mewadahi para sineas untuk berkarya dan meramaikan dunia perfilman tanah air.

"Kami menyambut baik kehadiran FlipFlopTV sebagai wadah bagi para sineas Jogja dan Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya," ujar Wagub saat me-launching FlipFlopTV di Jogja Nasional Musem (JNM), Selasa.

Dijelaskan Wagub, pandemi Covid-19 menyebabkan rangkaian disrupsi tatanan kehidupan, tak terkecuali di industri perfilman. Proses produksi film terganggu bahkan sempat terhenti. Meskipun sejatinya, kata Paku Alam X semangat berkarya para sineas tak pernah padam. 

Presiden Direktur yang juga Founder FlipFlopTV, Ricardo Tobing mengatakan Grand Launching FlipFlopTV sengaja digelar di Jogja karena DIY merupakan cikal bakal berdirinya Indonesia.

Hal itu menginspirasi FlipFlopTV untuk memantapkan langkah, mengangkat budaya dari seluruh daerah di Nusantara.

"Kami memulai langkah pertama di kota bersejarah ini, di Jogja. Alasan lainnya, kenapa di Jogja karena kota ini dikenal sebagai gudangnya lara seniman dan sineas yang karyanya banyak dikenal luas," tutur Ricardo.

Pria yang akrab disapa Ado ini mengatakan FlipFlopTV berkomitmen menjadi Rumah Cerita Indonesia yang menggaungkan seni dan budaya Nusantara.

Kehadirannya diharapkan agar sineas lokal bisa terus berkarya untuk menghasilkan tayangan yang berkualitas tinggi, positif, serta relevan dengan masyarakat Indonesia.

Dia meyakini terbukanya kembali akses bagi sineas Indonesia akan mendorong pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi dan memberikan tayangan lokal yang bisa memenuhi permintaan pasar.

"Kahadiran FlipFlopTV mendorong Sineas Indonesia untuk terus berkarya. Ini sebuah upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas tayangan lokal bernuansa Nusantara dan ekonomi kreatif," katanya.

Grand Launching FlipFlopTV di Jogja ditandai juga dengan peluncuran film berjudul Siapa Takut!.

Peluncuran film bertema anak ini dirilis menyongsong peringatan Hari Ibu pada 22 Desember. FlipFlopTV juga menggelar pameran seni tentang eksistensi perfilman anak bertajuk Nu-Sa-Ma-Tra. Karya-karya dalam pameran tersebut menawarkan sensasi indrawi, mulai dari penglihatan hingga pengetahuan. 

Rangkaian acara peresmian dilanjutkan dengan diskusi bertema Disrupsi Teknologi terhadap Dunia Perfilman Lokal dengan narasumber Ricardo Tobing, sutradara Hanung Bramantyo, penulis Djenar Maesa Ayu dan dimoderatori oleh jurnalis kawakan, Maman Suherman.

"Saya mengapresiasi kehadiran FlipFlopTV. Mau platform apapun, hal terpenting saat ini terpenting adalah konsistensi. Ini yang harus dilakukan FlipFlopTV," ujar Hanung.

Sebagai puncak acara, FlipFlopTV juga menggelar panggung Hip Hip Hura yang menjadi sesi penutup dari segala rangkaian Peluncuran FlipFlopTV. Konser di pengujung acara ini dimeriahkan oleh Ndarboy, Hifdzi Khoir, dan The Mayasona. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Stikom Pamerkan Karya Mahasiswa di Tempat Bersejarah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement