Advertisement

Karyawan Hotel Harus Cepat Tanggap Menangani Bencana Kebakaran

Media Digital
Senin, 06 Februari 2023 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Karyawan Hotel Harus Cepat Tanggap Menangani Bencana Kebakaran Staff Harper Malioboro saat pelatihan penanggulangan bencana kebakaran. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa, jika pengelola bangunan tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran, selain itu risiko kebakaran bisa terjadi pada berbagai bangunan, termasuk bangunan hotel dan sangat merugikan perusahaan serta karyawan.

Hotel Harper Malioboro Yogyakarta sebagai hotel berbintang empat yang berlokasi di jantung pusat Kota Yogyakarta ini baru saja kembali menggelar pelatihan penanggulangan bencana kebakaran sebagai salah satu komitmennya dalam mengutamakan keselamatan para tamu serta karyawan pada Minggu, 5 Februari 2023 yang diikuti oleh seluruh karyawan hotel.

Advertisement

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran ini bekerja sama dengan PT Kodamkar Kota Yogyakarta dan dipimpin langsung oleh Hernawan selaku Inspektur Kebakaran dan Mahargyo selaku Kasie Operasional Kodamkar Kota Yogyakarta yang tidak hanya memberikan materi secara teori akan tetapi juga menyajikan demonstrasi pemadaman kebakaran dan penyelamat korban untuk meningkatkan ketangkasan dan kesigapan seluruh karyawan akan bencana kebakaran.

Seluruh karyawan Harper Malioboro dilibatkan ke dalam pelatihan yang mencakup tentang teknik pencegahan dan penanggulan kebakaran, pengenalan jenis api beserta tingkatannya, pengenalan peralatan pemadam kebakaran hingga cara menggunakan peralatan pemadam api serta cara mengeksekusi korban. Penggunaan peralatan pemadam api mulai dari yang tradisional maupun modern dipraktekkan satu persatu pada saat simulasi agar saat terjadi kejadian yang sesungguhnya, bisa langsung sigap dan tidak panik.

“Seluruh karyawan diajarkan menggunakan alat pemadam api tradisional yang berupa karung goni atau selimut yang sudah dicelupkan ke dalam air. Kemudian pelatihan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) juga dipraktekkan, mulai dari APAR yang bersifat liquid, CO2 hingga Powder, semua diajarkan untuk memegang yang benar hingga praktek langsung memadamkan api dengan alat tersebut. Sebagai karyawan hotel, kita harus cepat tanggap dalam menangani bencana kebakaran,” ucap Rawat Musthofa selaku Chief Engineering di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta.

Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta yang fokus dalam industri jasa dan pelayanan terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu karyawan sebagai garda terdepan penyedia jasa juga harus diberikan pelatihan penanggulangan kebakaran sehingga dapat menunjang dalam memberikan pelayanan terbaik dan cepat tanggap saat terjadi kebakaran di area hotel.

Melalui kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini, Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta berharap para tamu menjadi lebih nyaman dan aman ketika berkunjung maupun menginap. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement