Advertisement

Jelang Ramadan-Idulfitri, 200.000 Ton Daging Diimpor dari Brasil dan India

Ni Luh Anggela
Rabu, 08 Februari 2023 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Jelang Ramadan-Idulfitri, 200.000 Ton Daging Diimpor dari Brasil dan India Iustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah mempercepat kedatangan daging sapi dan kerbau impor jelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Adapun daging sapi dan kerbau impor yang berasal dari Brasil dan India.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, “Untuk HBKN [Hari Besar Keagamaan Nasional], saya, Dirut Bulog [Budi Waseso], lagi persiapkan percepatan kedatangan daging, karena HBKN itu maju kurang lebih [di] 23 Maret,” kata Arief, Rabu (8/2/2023).

Advertisement

Adapun, Bapanas menugaskan ID Food untuk mengimpor 100.000 ton daging sapi Brasil beku dan menugaskan Perum Bulog untuk mengimpor 100.000 ton daging kerbau India beku. Pemerintah, kata dia, telah mematok target kedatangan daging impor hingga Oktober-November 2023. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kekurangan pasokan daging jelang HBKN.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sate Klatak di Imogiri Bantul

Selain mempercepat kedatangan daging impor, pemerintah juga tengah mempersiapkan sapi-sapi hidup agar tak tergesa-gesa seperti tahun sebelumnya.

“Kami mulai siapkan sapi-sapi hidup supaya kita tidak tergesa-gesa seperti tahun lalu,” ujarnya. Arief menuturkan, pemerintah akan menyiapkan berbagai macam pilihan daging termasuk daging yang sudah dipotong-potong.

“Diberikan pilihan juga yang sudah dipotong-potong. Seperti biasa kami berikan alternatif pilihan bagi masyarakat. Daging lokal harganya biasanya tinggi. Sapi Brasil dan kerbau India silahkan dipilih,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai harga jual daging sapi yang dilepas ke pasaran, Dirut ID FOOD, Frans Marganda Tambunan, menyebut harga maksimal untuk paha depan adalah Rp105.000 per kg.

“Pokoknya kami mengikuti pemerintah, kami berkoordinasi, maksimal harga di konsumen untuk daging sapi untuk paha depan maksimal Rp105.000 per kilogram, itu yang jadi tugas kami,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Sebut Sepanjang Ruas Jalan Godean Didominasi Kerusakan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement