Advertisement

Jelang Hari Kasih Sayang, Omzet Penjual Cokelat Naik hingga 5 Kali Lipat

Abdul Hamied Razak
Senin, 13 Februari 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Jelang Hari Kasih Sayang, Omzet Penjual Cokelat Naik hingga 5 Kali Lipat Penjualan cokelat di Trufflelogy Coco Factory Ngaglik, Sleman mengalami kenaikan menjelang hari kasih sayang pada 14 Februari ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Menjelang perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day, penjualan cokelat diklaim naik. Tak tanggung-tanggung, kenaikan penjualan komoditas ini naik hingga lima kali lipat dari biasanya.

Pemilik usaha cokelat asal Sleman, Trufflelogy, Balindo Noor mengungkapkan penjualan cokelat menjelang Hari Kasih Sayang pada 14 Februari nanti terus meningkat.

Advertisement

Diperkirakan saat Valentine Day, omzet penjualan dari usaha cokelat yang didirikannya pada Oktober 2021 ini bisa mencapai lima kali lipat. 

"Saat valentine besok [14/2/2023], omzet penjualan kami bisa meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan hari biasa. Choco milk dan dark light menjadi produk yang paling digemari pembeli,” ucapnya, Senin (13/2/2023).

BACA JUGA: Manfaat Konsumsi Cokelat

Untuk memenuhi permintaan pasar, Balindo pun mulai meningkatkan produksi cokelatnya beberapa hari sebelum perayaan Valentine Day untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen. Permintaan tinggi cokelat, kata dia, terjadi untuk pembelian secara online.

"Ini tidak terlepas dari pemanfaatan fitur dan kampanye di Tokopedia. Beberapa fitur seperti TopAds, Rilisan Spesial, Voucher Toko dan ikut kampanye Tokopedia Nyam untuk tingkatkan penjualan, sekaligus melebarkan sayap hingga ke berbagai wilayah di Indonesia," katanya.

Dalam menjalankan usahanya, Balindo selalu mengutamakan rasa dan kualitas cokelat yang digunakan. Balindo mengaku turut membantu para petani ini dengan memberikan 500 bibit cokelat bagi para petani di Bali.

"Kami juga bekerja sama dengan salah satu partner petani di Bali, Jimmy Cesen, khususnya di wilayah Buleleng dan Pupuan. Kami mengedukasi para petani untuk menggunakan pupuk dari limbah cokelat sehingga lebih ramah lingkungan," katanya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Juanita Azuz mengatakan berdasarkan temuan data internal Tokopedia menjelang Valentine 2023 ada kenaikan penjualan cokelat. Hal itu terjadi baik di Kota Semarang, Kota Malang, Kota Makassar, Kota Denpasar dan Badung. 

"Data internal Tokopedia mengungkapkan pengiriman cokelat terjauh terjadi dari Kota Batam ke DKI Jakarta. Beberapa kota tercatat memiliki kenaikan transaksi cokelat tertinggi dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement