Advertisement

UMKM Expo, Kemenkeu Hadir untuk UMKM di DIY

Media Digital
Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UMKM Expo, Kemenkeu Hadir untuk UMKM di DIY Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY mengadakan kegiatan bazar pekan UMKM dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 Tahun 2023 di halaman Gedung Keuangan Negara Yogyakarta selama dua hari dari tanggal 17-18 Maret 2023. - Ist

Advertisement

JOGJA—Dalam rangka peningkatan peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan agar dapat berperan lebih strategis dalam mendukung peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY mengadakan kegiatan bazar pekan UMKM dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 Tahun 2023 yang bertempat di halaman Gedung Keuangan Negara Yogyakarta selama dua hari dari tanggal 17-18 Maret 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 UMKM di DIY (makanan, minuman, fashion, tas dll), perbankan penyalur Kredit Usaha Rakyat di antaranya BNI, BPD DIY, dan BSI, Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) penyalur pembiayaan ultra mikro (UMi) seperti Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) serta unit kerja Kementerian Keuangan (Kanwil Ditjen Pajak DIY, KPPBC Yogyakarta, KPKNL Yogyakarta, BDK Yogyakarta).

Advertisement

Dengan mengusung tema “Kemenkeu Hadir untuk UMKM di DIY”, kegiatan ini selain untuk memperkuat sinergi dan semangat kolaborasi antar unit eselon I Kemenkeu dalam mendukung transformasi ekonomi menuju perekonomian dan pembangunan yang produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadilan, namun juga sebagai sarana untuk memberikan exposure kepada UMKM sebagaimana disampaikan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY, Arif Wibawa dalam sambutannya.

Selain itu, UMKM expo ini juga merupakan media bagi Kanwil DJPb untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum mengenai kegiatan pendampingan dan juga informasi belanja pemerintah untuk mendukung UMKM disamping juga diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam pengenalan produk dan peningkatan penjualan tambah Arif Wibawa.

Untuk memeriahkan UMKM EXPO ini, diadakan juga kegiatan senam pagi bersama dengan mengundang mitra kerja Kanwil DJPb DIY, Pemda sebagai instansi Pembina UMKM, perbankan, LKBB dan unit kerja Kemenkeu DIY dan kegiatan lomba mewarnai bagi anak TK pada hari kedua pekan UMKM serta pembagian doorprize bagi pengunjung bazar.

Tak ketinggalan juga, unit kerja Kemenkeu DIY turut membuka layanan dalam kegiatan bazar melalui konsultasi pajak, konsultasi ekspor, kegiatan lelang maupun informasi terkait kegiatan pembinaan UMKM. Sedangkan untuk perbankan dan LKBB memberikan dukungan layanan melalui konsultasi pembiayaan baik KUR dan UMI maupun produk pembiayaan lainnya.

Melalui berbagai kegiatan layanan tersebut baik penjualan produk maupun layanan konsultasi, harapannya tujuan kegiatan dapat tersampaikan dan tercapai ke masyarakat sebagai bentuk dukungan Kemenkeu Satu terhadap UMKM di daerah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wow! Selama Tiga Hari 49 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 26 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement