Advertisement

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng

Abdul Hamied Razak
Rabu, 05 April 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng Kegiatan Manajemen XL Axiata saat memberikan bantuan. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jaringan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di seluruh DIY dan Jawa Tengah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang mudik dan masa libur panjang Lebaran. 

Pj Group Head XL Axiata Area DIY dan Jateng, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan total jaringan 4G XL Axiata di DIY telah menjangkau lebih dari 420 desa, 7 kecamatan, dan 5 kota/kabupaten. Sedangkan di Jateng telah menjangkau lebih dari 7.900 desa/kelurahan, 547 kecamatan, dan 35 kota/kabupaten. 

Advertisement

BACA JUGA : XL Axiata Raih Pertumbuhan yang Solid Mengungguli Industri

Dari total sekitar 1,1 juta pelanggan data di DIY, 91% merupakan pelanggan data. Sementara itu pelanggan data di Jateng telah mencapai 93% dari total sekitar 6,4 juta pelanggan. Pertumbuhan trafik data sendiri dalam dua tahun terakhir telah mencapai 51% untuk DIY, dan 65% untuk Jateng.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami memperkirakan, permintaan terhadap layanan data akan mengalami peningkatan yang pesat. Ini terjadi hampir merata di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di provinsi DIY dan Jateng," katanya melalui rilisnya, Selasa (4/4/2023).

Selain meningkatkan kapasitas, lanjut Arif, perseroan juga melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur lebaran yang tidak lama lagi. "Kami juga memastikan ketersediaan produk unggulan terpilih di seluruh saluran distribusi, khususnya di toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA : XL Axiata Perkirakan Trafik Naik 30 Persen saat Lebaran

Ia memperkirakan, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa kabupaten seperti Kebumen, dengan perkiraan peningkatan mencapai 61%, Purworejo (58%), Pemalang (54%), Gunungkidul (44%), Kulonprogo (34%), dan Bantul (21%). 

"Untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah kami siapkan, antara lain melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Meminta Badan Publik Bisa Bepredikat Informatif

Jogja
| Jum'at, 19 Juli 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement