Advertisement

Ini Brand Fashion Lokal Paling Populer di Sosmed dan E-Commerce

Media Digital
Minggu, 16 April 2023 - 07:47 WIB
Anisatul Umah
Ini Brand Fashion Lokal Paling Populer di Sosmed dan E-Commerce Grafis peringkat brand fashion lokal terpopuler di sosial media dan e-commerce. - Ist

Advertisement

JOGJA—Platform informasi fashion, Fluenshion melakukan riset tentang peringkat brand fashion lokal terpopuler di sosial media (Sosmed) dan e-commerce. Ada sepuluh brand fashion lokal yang dianalisa berdasarkan jumlah pengikut di Sosmed instagram, tiktok dan total penjualan di official shop shopee dari masing-masing brand.

Content Marketing Associate Fluenshion, Fransisca Sisilia Sinaga mengatakan analisa ini untuk menentukan peringkat brand fashion lokal terpopuler yang bisa dijadikan rekomendasi dalam menentukan fashion yang cocok dengan gaya berpakaian para pecinta fashion.

Advertisement

"Fashion merupakan gaya berpakaian mulai dari pakaian, celana, sepatu, hingga accesories penunjang penampilan lainnya, yang digunakan sehari-hari atau di momen tertentu. Sebagai bagian dari kebutuhan sehari-hari kini dunia Fashion sudah sangat berkembang dengan cepat di seluruh dunia," ucapnya, Sabtu (15/4/2023).

Brand-brand fashion lokal Indonesia terpopuler, dikumpulkan untuk membandingkan beberapa data. Di antaranya jumlah pengikut di Somed instagram dan tiktok, jumlah pengikut di official shop shopee masing-masing brand, dan total penjualan seluruh produk dari masing -masing brand.

Instagram dan tiktok dipilih untuk mengukur peringkat terpopuler brand fashion lokal Indonesia, karena instagram merupakan platform yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar orang. Sementara tiktok dipilih karena, sekitar 70 persen pengguna tiktok tertarik pada konten yang menampilkan pakaian.

Pengukuran peringkat terpopuler brand fashion juga dilakukan berdasarkan jumlah pengikut dan total seluruh penjualan product pada e-commerce shopee. Sebab Fluenshion ingin melihat seberapa populer brand-brand fashion tersebut jika memiliki jumlah pengikut Sosmed yang banyak, apakah akan berpengaruh pada penjualan product di official shop shopee brand tersebut.

"Kami memilih e-commerce shopee dikarenakan berdasarkan databoks, shopee menduduki peringkat kedua sebagai jumlah pengguna terbanyak dan memiliki website traffic lebih besar dibandingkan dengan e-commerce lainnya," jelasnya.

Berikut temuan utama dari riset ini:

1. Roughneck & 3Second Bersaing Ketat Untuk Mendapatkan Peringkat Pertama Sebagai Brand Paling Populer di Instagram

Berdasarkan data yang diambil per 3 Maret 2023 Roughneck dan 3Second bersaing cukup ketat untuk mendapatkan peringkat pertama berdasarkan jumlah pengikut di instagram. Roughneck mendapatkan pengikut 1.204.566, sementara 3Second mendapatkan pengikut 1.132.648.

Berdasarkan hasil tersebut ditemukan bahwa Roughneck mendapatkan posisi pertama berdasarkan jumlah pengikut di instagram dengan selisih sebanyak 71.918 pengikut. Hal ini didukung dengan keaktifan Roughneck dalam menggunakan instagramnya. Jika dilihat pada halaman instagram Roughneck memberikan content yang menarik dengan konsep aesthetic, susunan postingan yang rapi dan terstruktur serta mengikuti trend instagram.

2. Jiniso Unggul Jauh Berdasarkan Jumlah Pengikut di Tiktok Dibandingkan Brand lainnya

Jiniso berhasil menduduki peringkat pertama di tiktok dengan jumlah pengikut sebanyak 1.900.000. Hal ini membuat Jiniso unggul jauh dibandingkan brand lainnya yang dimana masih memiliki jumlah pengikut di bawah 1.000.000.

Jika dilihat, konten Jiniso cukup menarik dan berbeda dengan brand lainnya. Bukan hanya fokus kepada penjualan tetapi melalui tiktok, Jiniso juga memberikan konten yang menghibur serta mengedukasi audience terkait dengan fashion.

Seperti video yang baru-baru ini mendapatkan jumlah viewers terbanyak adalah video yang berkolaborasi dengan Rebecca Klopper yaitu konten tebak harga dari product Jaket Denim & Celana Jeans Jiniso, berhasil mendapatkan 1.500.000 viewers dan 63.300 likes. Sementara untuk memfokuskan kepada penjualan Jiniso sangat aktif  melakukan live setiap harinya.

3. Jiniso Kembali Unggul Jauh di E-Commerce Shopee dan Menjadikannya Sebagai Brand Fashion Lokal Terpopuler

Berdasarkan data Jiniso menempati peringkat pertama dalam jumlah pengikut di e-commerce shopee dengan jumlah pengikut sebanyak 3.100.000. Jumlah pengikut ini unggul jauh dibandingkan dengan dua brand lainnya yaitu di urutan kedua terdapat Roughneck dengan jumlah pengikut sebanyak 2.300.000. Hal ini menjadikan Jiniso sebagai brand fashion lokal terpopuler di shopee.

4. Jiniso Sebagai Brand Lokal Terpopuler di Tiktok dan E-Commerce Shopee

Dari data yang sudah didapatkan untuk tiktok dan e-commerce shopee disimpulkan bahwa Jiniso menjadi brand fashion lokal paling populer dengan jumlah penjualan produk sebanyak 1.270.832+ (data diambil per 3 Maret 2023) dengan produk terlarisnya 'Jiniso Highwaist Body Goals Jeans'.

Hal ini didukung dengan keaktifan Jiniso dalam membangun awareness audiencenya di sosial media yang akhirnya dapat membangun kepercayaan audience untuk membeli produk dari Jiniso.

"Sosial media memungkinkan sebuah brand untuk terhubung dan melibatkan pelanggan potensial dimanapun mereka berada: LinkedIn, Twitter, Youtube, Facebook, Instagram, dan bahkan beberapa platform yang lebih muda seperti TikTok. Dengan strategi media sosial yang kuat dan kemampuan untuk membuat konten yang menarik, pemasar dapat melibatkan audiens mereka." BC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement