Advertisement

Libur Lebaran, GIPI Perkirakan Wisatawan Melonjak Dibanding Tahun Lalu

Anisatul Umah
Senin, 17 April 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Libur Lebaran, GIPI Perkirakan Wisatawan Melonjak Dibanding Tahun Lalu Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY memproyeksikan sekitar 7 juta wisatawan akan berlibbur di Jogja pada masa libur Lebaran tahun ini. Angka itu bertambah sekitar 2 juta dari tahun lalu, di mana capaiannya masih lima juta wisatawan.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan kemudahan akses dan semakin banyaknya opsi transportasi menjadi salah satu pendongkrak kunjungan wisatawan di momen Lebaran tahun ini.

"Perkiraan kami wisatawan sampai tujuh juta, dari tahun lalu sekitar lima juta. Naiknya sekitar itu ya, kalau topnya H-3 sampai H+3. Anjuran pemerintah libur lebih awal harapannya itu [kunjungan meningkat]," ucapnya kepada Harianjogja.com, Senin (17/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Target Kunjungan Wisatawan Asing di 2023 Naik Jadi 8,5 Juta

Meningkatnya jumlah wisatawan ini diharapkan bisa berdampak ke ring satu, dua, hingga tiga. Sehingga pelaku wisata di beberapa perbatasan Kota Jogja juga bisa menikmati berkah dari libur lebaran ini.

"Ring satu di kawasan Malioboro, ring dua sampai Prawirotaman, dan ring tiga tentunya di pinggir-pinggir perbatasan Kota Jogja dengan kabupaten. Harapannya sampai ring tiga bisa menikmati lonjakan dari kunjungan wisatawan mudik lebaran," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan menyambut datangnya wisatawan, GIPI DIY telah melakukan koordinasi internal. Surat edaran dari Dinas Pariwisata DIY yang dijadikan acuan akan jadi acuan dalam menyambut wisatawan.

"Ada beberapa hal yang harus diwaspadai bersama terkait kondisi Covid-19. Meskipun dengan virus sekarang yang lebih ringan tapi kondisinya cukup naik, ini harus dijaga. Buat teman-teman industri destinasi baik hotel, restoran, dan fasilitas untuk wisatawan ini akan menjadi perhatian bersama," ucapnya.

Sampai saat di ring satu dan dua belum signifikan. Menurutnya lonjakan akan mulai terjadi di H-3 dan H-3. "Akan terjadi situasi signifikan, harapannya nanti di ring tiga bisa merasakan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hadapi Musim Kemarau, Kementan Siapkan Program Pompanisasi di Daerah Pertanian Kering

Bantul
| Sabtu, 25 Mei 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement