Advertisement

Diminati Emak-Emak, Sepeda Listrik Lebih Laris dari Motor Listrik

Anisatul Umah
Selasa, 18 April 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Diminati Emak-Emak, Sepeda Listrik Lebih Laris dari Motor Listrik Pameran Kendaraan Listrik Atrium Jogja City Mall, Sabtu (15/4/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Diminati ibu-ibu, penjualan sepeda listrik tercatat lebih laris dibandingkan dengan sepeda motor listrik. Dalam Pameran Kendaraan Listrik yang digelar di Atrium Jogja City Mall, Sabtu (15/4/2023), Sales Head Marketing Adira Yogyakarta, Dody Catur Prasetyo mengatakan penjualan sepeda listrik memang lebih laris.

"Masih lebih laris sepeda [listrik] sih, tetapi lambat laun sepeda motor [listrik] juga banyak," ucapnya ditemui, Sabtu (15/4/2023).

Advertisement

Pameran ini digelar dalam rangka mengenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Mulai dari sepeda listrik, motor listrik, hingga mobil listrik. Sejak pembukaan pameran pada Rabu (12/4/2023) hingga Sabtu (15/4/2023) sudah ada lima unit yang terjual.

Pameran tersebut, kata dia, merupakan pameran kedua yang digelar tahun ini setelah sebelumnya digelar di Purwokerto. Dody mengakui antusiasme warga Jogja pada kendaraan listrik lebih tinggi dari kota sebelumnya. Selepas Lebaran, kata dia, pameran dilanutkan akan dilanjutkan di kota lain seperti Semarang dan Solo.

"Kalau khusus sepeda listrik pangsa pasarnya itu ibu-ibu atau nenek-nenek. Mau ke pasar, mau di kompleks. Lebih efisien dan terjangkau," jelasnya.

BACA JUGA: Jogja Mulai Dibanjiri Motor Listrik

Masyarakat banyak yang penasaran pada kendaraan listrik baik sepeda dan motor. Sehingga banyak yang melihat dan mulai tertarik.

Lebih lanjut dia menyampaikan hitungan penjualan dari Adira adalah secara keseluruhan nasional. Bukan per wilayah. Sekitar 1.000-an kendaraan terjual sepanjang Kuartal I.

"Saya kira bagus ya bisnis kendaraan listrik. Karena BBM Pertamax naik dan di SPBU juga sering ngantri, animo masyarakat mulai melirik sepeda dan motor listrik. Ini baterainya di-charge," tuturnya.

Sementara itu, Marketing eV Studio Yogyakarta, Tri Saputra menyampaikan pameran ini fokus nya bukan untuk penjualan, tetapi lebih ke mengenalkan kendaraan listrik ke masyarakat. Jika ada yang beli dalam pameran ini maka dianggap bonus. "Kebetulan dari Adira sendiri ada promo DP Nol persen pembelian kredit. Di luar event ini ada DP 10 persen," paparnya.

Sekali charge untuk sepeda listrik bisa menempuh jarak 40 km, sementara sepeda motor bisa 60-80 km. Dia berharap penjualan bisa meningkat apalagi jelang Lebaran, beriringan dengan cairnya tunjangan hari raya.

"Khusus sepeda penggunanya di masyarakat umumnya orang-orang yang sudah berumur karena takut pakai motor konvensional dan sepeda biasa gak kuat."  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tabrak Seekor Entog di Jalan Parangtritis, Dua Pembonceng Motor Meninggal Dunia

Bantul
| Minggu, 26 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement