Advertisement

Sejarah Merek Rolex dan Penyebab Jadi Jam Tangan Mewah dan Mahal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 30 April 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Sejarah Merek Rolex dan Penyebab Jadi Jam Tangan Mewah dan Mahal Pengunjung sedang melihat koleksi jam tangan mewah. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rolex merupakan brand jam tangan mewah dari Swiss dengan desain mewah dan elegan serta mengusung fungsionalitas tinggi. Rolex didirikan oleh Hans Wilsdorf pada abad ke-20 saat berada di ujung tombak inovasi horologis mulai dari Selat Inggris, hingga puncak Gunung Everest dan berhasil memecahkan rekor dan menetapkan merek usahanya.

Pada tahun 1960 Wilsdorf meninggal dan digantikan oleh direktur pemasaran Rolex, Andre Heiniger mempelopori merek tersebut dengan identik kemewahannya selama sepuluh tahun.

Advertisement

Didesain dengan sangat mewah, brand jam tangan Rolex ini meningkat secara cepat dengan penempatan jam tangan tersebut di film-film Hollywood, sponsor acara olahraga dan penghargaan filantropi. Pada tahun 1970-an Rolex memproyeksikan citra keandalan dan stabilitas yang membuat Rolex menempatkan posisi pertama dengan dengan penjualan yang meningkat.

BACA JUGA : Sosok Irwan Mussry, Pengusaha Jam Tangan Mewah

Perkembangan jam tangan Rolex kian bertambah seiringnya waktu hingga sampai pada tahun 2019 Rolex berhasil menghasilkan 5,2 miliar Swiss Franc atau US$5,8 miliar dan setara dengan Rp85 triliun.

Permintaan jam tangan baru Rolex terus bertambah sampai tahun 2021 yang membuat perusahaan mengalami kelangkaan. Kelangkaan tersebut dapat terjadi akibat banyaknya permintaan dan menjual jam tangan dengan mudah melebihi harga jual dan bahkan nilainya dua kali lipat atau tiga kali lipat.

Dibuat dengan bahan khusus seperti emas, perak dan kristal dengan keahlian yang luar biasa, maka tidak heran jika jam tangan Rolex ini dibandrol dengan harga yang mahal. Meski dijual dengan harga yang cukup fantastis, Rolex dilaporkan menghasilkan satu juta jam tangan per tahun.

BACA JUGA : Wow, Jelang Ultah Maia Estianty, Suami Beri Jam Tangan

Selain diproduksi dengan bahan khusus, Rolex memiliki keunggulan dan fungsionalitas yang memukau. Berikut keunggulan yang dimiliki jam tangan mewah ini:

1. Rolex dibuat dengan menggunakan Baja Tahan Karat 904L

Berbeda dengan jam tangan pada umumnya, Rolex ini memberikan jam tangan mewah dengan desain klasik dan tak tertandingi. Ini termasuk penggunaan stainless steel berkualitas 904L. Jenis baja ini jauh lebih kuat dan lebih berkilau daripada baja 316L biasa yang dibuat untuk jam tangan lainnya.

2. Beberapa fasilitas penelitian

Rolex memiliki Penelitian dan Pengembangan Internal yang sangat luar biasa. Mereka memiliki berbagai laboratorium dan fasilitas profesional tempat para peneliti dan ilmuwan mengerjakan jam tangan Rolex baru.

Fasilitas khusus tersebut termasuk dengan ruang stress test untuk menguji pergerakan jam tangan, kasing, dan tali jam. Perusahaan Rolex juga memiliki ruangan dengan beberapa mikroskop elektron dan spektrometer gas, tempat dilakukannya penelitian tentang logam dan bahan lainnya.

3. Pentingnya Mekanisme

Perusahaan Rolex telah menggunakan robot-robot untuk membantu pekerjaan berulang seperti pengemasan, pengambilan baki yang berisi suku cadang atau menyelesaikan perakitan jam tangan Rolex. Tidak hanya itu, Rolex juga menggunakan robot pada tahap awal pemolesan jam tangan sebelum diambil alih oleh pekerja manusia.

4. Gerakan Rakitan Tangan

Terlepas dengan menggunakan robot untuk produksi, faktanya mesin jam tangan dan gelang ini biasa nya dirakit oleh tangan manusia sebelum menggunakan robot. Jam tangan ini dikirim ke COSC untuk sertifikasi kronometer dan diperiksa kembali dengan manusia untuk memastikan kualitas nya yang tinggi.

5. Pengujian Impermeabilitas Air

Beberapa jam tangan Rolex hadir dengan impermeabilitas yang luar biasa bahkan tahan air hingga 300 meter seperti jam tangan Rolex Submariner. Untuk memastikan tingkat ketahanan air, setiap jam tangan Rolex diuji di bawah tangki bertekanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Tim Ahli Permata

Rolex menggunakan tim ahli permata. Tim spesialis ini dapat membantu dalam pembelian, pengujian, dan pengaturan bahan berharga termasuk emas dan berlian ke bagian model mewah Rolex.

7. Menggunakan Emas

Rolex menjadi salah satu jam tangan yang memproduksi emas sendir. Rolex biasanya memurnikan emas 24K menjadi emas 18K kuning,putih atau emas Everose untuk produk mereka. Tak salah jika harga jam tangan ini dibanderol mahal karena menggunakan produksi emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement