Advertisement

Lebaran Dongkrak Penjualan Kendaraan? Ini Faktanya ...

Anisatul Umah
Minggu, 07 Mei 2023 - 15:57 WIB
Jumali
Lebaran Dongkrak Penjualan Kendaraan? Ini Faktanya ... Deretan mobil baru di terminal mobil, di Pelabuhan Tanjung Priok. - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Cairnya tunjangan hari raya (THR) digadang-gadang bisa mendorong daya beli masyarakat di momen lebaran. Lalu apakah kondisi ini juga berdampak pada penjualan kendaraan di DIY?

BACA JUGA: Laris Manis! Penjualan Mobil Indonesia Tumbuh 7,3 Persen pada Februari 2023

Advertisement

Marketing EV Studio Yogyakarta, Tri Saputra mengatakan penjualan di bulan April 2023 mengalami penurunan penjualan. Menurutnya masyarakat lebih banyak belanja untuk persiapan lebaran sehingga penjualan kendaraan listrik turun.

"Masyarakat prepare untuk persiapan lebaran, sehingga pembelian agak menurun. Untuk awal Mei 2023 pasca lebaran sudah mulai mengalami kenaikan permintaan pasar," ucapnya kepada Harianjogja.com beberapa hari lalu.

Hal senada disampaikan oleh Marketing Planning & Customer Relation Dept. Head Nasmoco Group, Riski Permana. Tercatat penjualan Toyota di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY selama April 2023 sebanyak 1.601 unit.

Jika dibandingkan Maret 2023 mengalami penurunan 16%. Penurunan ini dia sebut karena terpotong beberapa hari libur lebaran. Akan tetapi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan April 2023 mengalami peningkatan 4%.

"Dibandingkan bulan lalu [Maret] turun 16% karena April kepotong libur lebaran," ucapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan ada dua faktor yang mendorong penjualan mobil bulan April 2023. Pertama peak season beli mobil untuk mudik lebaran dan kedua didorong oleh promo.

"Promo Ketupat Lebaran [Kejutan Berlipat Sambut Lebaran] periode Maret-April di semua cabang Nasmoco, berupa benefit tambahan diskon," jelasnya.

Menurutnya pada penjualan sepanjang April ada lima model Toyota terlaris. Di antaranya Avanza, Calya, Innova Zenix, Innova, Agya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Rekrutmen Panwacam Pilkada Sleman Dibikin 2 Gelombang, Ini Tujuannya

Sleman
| Selasa, 23 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement