Advertisement

Gaungkan Kampanye Makan Ikan, Harian Jogja Gelar Lomba Masak

Media Digital
Minggu, 21 Mei 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Gaungkan Kampanye Makan Ikan, Harian Jogja Gelar Lomba Masak Lomba Masak Ikan Harian Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, Harian Jogja menggelar berbagai rangkaian acara. Salah satunya Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara pada 2 Juni 2023 mendatang.

Kegiatan yang akan digelar di halaman kantor Harian Jogja ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, serta Pertamina Patra Niaga.

Advertisement

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Bayu Mukti Sasongko mengatakan angka konsumsi ikan di DIY masih rendah. Berdasarkan data, Angka Konsumsi Ikan (AKI) DIY 2021 baru 34,74 kg/kapita/tahun dari target AKI nasional 2021 sebesar 58,08 kg/kapita/tahun.

Menurutnya angka konsumsi ikan masih rendah karena minimnya keterampilan mengolah ikan sehingga identik dengan ribet.

Masyarakat juga belum menyadari pentingnya makan ikan. Melihat kondisi ini maka perlu dilakukan inovasi kegiatan, misalnya melalui lomba masak serba ikan. "Lomba masak serba ikan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan memasak dan memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan dasar ikan kepada masyarakat," ucapnya, Minggu (21/5).

Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan gizi pada ikan serta manfaatnya, baik untuk kesehatan dan kecerdasan. Sekaligus meng kampanyekan gemar makan ikan, sehingga bisa mendongkrak AKI DIY.

Area Manager Communication, Relation & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina berpartisipasi sebagai sponsor dalam kegiatan tersebut sekaligus mempromosikan penggunaan elpiji Bright Gas kepada peserta dan masyarakat.

"Bright Gas Can merupakan elpiji gram yang praktis, bisa dibawa ke mana saja, lebih terjangkau harganya, cocok untuk kegiatan dengan kompor portable, dan mudah dalam perawatan dan penggunaan," tuturnya.

Dia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi pada kegiatan Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara. "Kami juga mengucapkan selamat HUT ke-15 Harian Jogja. Bangkit Bersama, Jaya Selamanya.”

Bangkit Bersama

Sementara itu, Ketua HUT Ke-15 Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo mengatakan Optimistis Bangkit Bersama, Jaya Selamanya menjadi tema yang diangkat dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi. Dia mengajak secara internal dan eksternal agar tahun ini optimis bangkit bersama selepas pandemi.

Sesuai dengan temanya, Harian Jogja berharap agar target-target bisa tercapai sesuai harapan saat ini dan ke depan. Beberapa rangkaian acara sosial yang digelar, menjadikan HUT Ke-15 tahun ini menjadi istimewa. "Rangkaian sudah dimulai sejak Maret lalu,” kata dia.

Adapun Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Harian Jogja, sebab Harian Jogja ingin turut mengampanyekan gemar makan ikan. "Saat ini angka konsumsi ikan di DIY termasuk masih rendah, sehingga kami turut mengkampanyekan gemar makan ikan," lanjutnya.

Beberapa kegiatan lain telah digelar, seperti Bazar Minyak Goreng Murah bekerja sama dengan Sinar Mas; serta wakaf 1.000 Al-quran kepada sejumlah masjid, taman pendidikan Al-quran, dan juga pondok pesantren di DIY yang bekerja sama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement