Advertisement

Wuling Motors bakal Kembangkan Baterai Buatan Lokal

Anshary Madya Sukma
Rabu, 24 Mei 2023 - 07:17 WIB
Jumali
Wuling Motors bakal Kembangkan Baterai Buatan Lokal Seorang pria melihat Tesla Model S di showroom di Beijing, Tiongkok 29 Januari 2014. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wuling Motors bakal menggunakan baterai buatan lokal untuk line up produk mobil listriknya pada 2024, seiring dengan roadmap yang sudah ditetapkan pemerintah.

BACA JUGA: Wuling Luncurkan Formo Max

Advertisement

Brand and Marketing Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan bahwa saat ini baterai kendaraan listrik Wuling sedang tahap lokalisasi. Nantinya, Wuling akan menggandeng perusahaan baterai, Gotion untuk memproduksi baterai EV.

"Saat ini sedang dalam proses lokalisasi, sekarang sedang kerja sama dengan Gotion, dan juga nanti akan memproduksi lokal dan kami akan proses kesana [pad 2024]," kata Dian di Solo, Selasa (23/5/2023).

Pada intinya, kata Dian, untuk melokalisasi komponen utama kendaraan listrik tersebut pihaknya akan mengikuti roadmap yang telah dikeluarkan pemerintah. Artinya, dari tahun ke tahun Wuling siap menyesuaikan TKDN yang sudah dicanangkan pemerintah.

Berdasarkan aturan Pemenperin No.6/2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasi Baterai terdapat beberapa target yang harus digapai. Misalnya, target pemerintah pada 2024-2029 TKDN minimum BEV adalah 60 persen.

"Ada roadmap dari pemerintah untuk EV-EV disini dan minimum tkdnya berapa. Kalau roadmap tahun ini dan dan tahun lalu kan minimal 40 persen, dan kami achieve 40,3 atau 40,4 persen. Nah, beberapa tahun ke depan disarankan [pemerintah] akan meningkat lagi TKDN-nya dan salah satu strategi kami untuk menyambut hal itu adalah kami akan berupaya untuk melokalisasi baterai dengan Gotion," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech) akan bekerja sama dengan Wuling untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya adalah memproduksi baterai lokal.

Lokalisasi baterai kendaraan listrik ini merupakan kelanjutan kerja sama strategis antara Wuling dan Gotion Hi-Tech yang sebelumnya diresmikan pada November 2022.

Adapun, Gotion Hi-Tech ini merupakan perusahaan global yang berinvestasi di Indonesia untuk bidang pembuatan baterai kendaraan listrik.

Melalui kemitraan dengan Gotion Hi-Tech, Wuling optimistis produk kendaraan listrik dengan baterai lokal akan segera terwujud di Indonesia. Selain mengamankan suplai baterai, kerja sama ini diharapkan untuk memberikan kemudahan dalam layanan purna jual khususnya dari sisi komponen baterai kendaraan listrik Wuling.

"Dan itu sebenarnya memang komitmennya kami untuk industri untuk EV ini bukan hanya untuk manufaktur di pabrik saja tapi kami juga komitmen dari hulu ke hilir," tutup Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement