Advertisement

Pangan Salah Satu Penyebab Inflasi, Ini Upaya Disperindag DIY Stabilkan Harga

Anisatul Umah
Jum'at, 09 Juni 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pangan Salah Satu Penyebab Inflasi, Ini Upaya Disperindag DIY Stabilkan Harga Pedagang sembako di Pasar Gentan, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, menunggui dagangannya, Minggu (22/7 - 2018).Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Inflasi DIY pada Mei 2023 secara bulanan atau month to month (mtm) 0,35% lebih tinggi dibandingkan April 2023 sebesar 0,22%. Salah satu pendorong inflasi Mei 2023 di DIY adalah kenaikan harga komoditas pangan, khususnya telur ayam ras dan bawang.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY menyebut untuk menstabilkan harga telur, kerjasama dengan Blitar masih akan dilanjutkan. Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti mengatakan saat ini harga telur di Segoro Amarto Rp29.000 per kg.

Advertisement

"Kaitannya dengan telur, kalau mendatangkan dari Blitar masih berlanjut. Harga telur masih tinggi karena berkurangnya indukan ayam, dan harga pakan tinggi," ucapnya dihubungi, Kamis (8/6/2023).

Dalam rangka menjaga kestabilan harga pangan, pekan depan pada 15 Juni 2023 direncanakan akan digelar pertemuan. Bersama dengan Gubernur DIY, Bupati, Walikota, pedagang, dan juga distributor.

Baca juga: Disanjung Simon Cowell, Ternyata Putri Ariani adalah Siswi SMK Seni di Bantul

"Rencana minggu depan [15 Juni] akan diadakan pertemuan kembali. Kalau peternak menyampaikan bahwa BEP [Break Even Point] di kandang itu saat ini adalah Rp28.000 per kg," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, diharapkan akan ada Memorandum of Understanding (MoU) antara kabupaten dan kota pemenuhan pasokan pangan. "Untuk harga bawang gak ada kenaikan beberapa hari ini," lanjutnya.

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY menyampaikan inflasi Mei 2023 didorong kenaikan harga pangan khususnya telur ayam ras dan aneka bawang, serta tarif angkutan. Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) rata-rata harga telur ayam ras Mei 2023 berada di kisaran Rp30.600 per kg, di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp24.000 per kg.

"Naiknya harga telur ayam ras disebabkan kenaikan harga pakan ayam yang berdampak pada biaya produksi di level peternak. Selain itu tingginya permintaan terhadap telur ayam ras di tengah momentum penyaluran bantuan sosial," tuturnya.

Sementara untuk komoditas aneka bawang rata-rata harga bawang merah pada Mei 2023 sebesar Rp39.000 per kg melonjak signifikan dari bulan sebelumnya Rp32.700 per kg. Bawang putih juga mengalami kenaikan menjadi Rp36.000 per kg dari sebelumnya Rp32.300 per kg pada April 2023.

"Begitu pula pada kelompok transportasi khususnya tarif angkutan udara yang melanjutkan kenaikan pasca Idulfitri seiring peningkatan aktivitas pariwisata DIY, imbas perayaan hari libur keagamaan dan periode long weekend selama Mei 2023," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement