Advertisement

Finatra Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM

Media Digital
Sabtu, 10 Juni 2023 - 15:02 WIB
Anisatul Umah
Finatra Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM Kegiatan Pelatihan UMKM DIY yang dimotori Finatra di Kenes Bakpia Resto Bakery, Sabtu (10/6 - 2023). / Anisatul Umah/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Finantra brand pembiayaan produktif dari PT Federal International Finance (FIFGROUP) anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) menggelar pelatihan bagi UMKM DIY di Kenes Bakpia Resto Bakery, Sabtu (10/6/2023).

Pelatihan bertajuk Strategi Mengelola Keuangan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ini diikuti sekitar 50 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Advertisement

Microfinancing Sales Section Head Kantor Cabang FIFGROUP Yogyakarta 1, Yudha Ardy Pradana mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS), Astra Pay, Olsera.

"Jadi kami mengundang 50 pelaku UMKM kami sosialisasikan bagaimana tata cara mengelola keuangan agar usaha mereka bisa bertahan lama. FIF sendiri perusahaan pembiayaan dari Astra Group jadi produknya sekarang merambah ke pembiayaan mikro," katanya.

Menurutnya pelatihan ini baru pertama kali digelar sekaligus untuk mensosialisasikan produk Finantra. Bunga yang ditawarkan dari produk Finantra, kata Yudha, masih bisa bersaing dengan produk pembiayaan yang lain.

Dia menyebut potensi UMKM di DIY masih cukup besar, dan pekerjaan rumah saat ini adalah permodalan bagi UMKM. Mereka butuh dana tambahan tapi masih bingung cara mengaksesnya.

"UMKM juga masih minim informasi tentang pengelolaan keuangan, nah ini makanya kami gelar pelatihan sembari memberikan edukasi agar bisa mengelola keuangan dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan memperkenalkan produk dari FIF ini diharapkan bisa memudahkan pelaku UMKM dalam mendapatkan pendanaan untuk modal.

"Di FIF plafon mulai dari Rp25 juta-Rp500 juta, rate bunganya 14% [setahun], ini tenornya 1-5 tahun. Keunggulan kami dari Finantra FIFGroup adalah syaratnya mudah, dan prosesnya cepat. Kalau syarat lengkap 1-3 hari kerja. Pencairan kita utuh tanpa potongan," jelasnya.

Microfinancing Head Kantor Cabang FIFGROUP Yogyakarta 1, Bagyo Risanganji mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan bisa sama-sama saling belajar. Sehingga bisa memberikan manfaat bagi pelaku UMKM.

"Melalui kolaborasi ini kami harap kegiatan yang kami lakukan bisa memberikan manfaat bagi bapak ibu dalam menjalankan usahanya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement