Advertisement

ITMA DPD DIY Memperkuat Kemampuan Tour Leader Umrah

Media Digital
Senin, 07 Agustus 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
ITMA DPD DIY Memperkuat Kemampuan Tour Leader Umrah Ketua ITMA DPD DIY Ikin Sodikin Asyim (tiga kiri) bersama pengurus, ditemui Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono dan Wakil Pemimpin Redaksi Nugroho Nurcahyo, saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja Jalan AM Sangaji No.41, Jogja, Senin (7/8/2023). Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

JOGJA—Memperkuat kemapuan tour leader atau pemandu tur umrah, Indonesian Tour Leader Moslem Association (ITMA) DPD DIY menggelar Training Taktis dan Sertifikasi Tour Leader Umrah.   

Ketua ITMA DPD DIY Ikin Sodikin Asyim menjelaskan training dan sertifikasi ini digelar 26-27 Agustus 2023 di Asrama Haji Yogyakarta. “Di ITMA [Indonesia] banyak anggota yang berpengalaman terkait dengan wisata muslim yang nantinya akan berbagi ilmu dalam training ini. Tujuannya untuk pengembangan tour leader agar mampu membuat agenda acara yang profesional,” kata Ikin saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Senin (7/8/2023).

Advertisement

ITMA DPD DIY juga akan menghadirkan Kementerian Agama (Kemenag) agar tour leader mumpuni menangani jemaah umrah. Materi lain yang diberikan adalah pengetahuan tentang penanganan panic attack atau serangan panik ketika umrah.

BACA JUGA: Gudang Rongsok di Bangunjiwo Terbakar, Butuh 3 Jam Pemadaman, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Materi ini diberikan Califia Shita, psikolog sekaligus pengurus ITMA DPD DIY. “Untuk materi panic attack diberikan agar tour leader mampu menangani serangan paniknya serta membantu jemaah umrah yang mengalami serangan panik,” ujarnya di Kantor Harian Jogja.

Ikin menambahkan ITMA DPD DIY baru terbentuk pada Januari 2023 dan menjadi wadah para tour leader wisata muslim. Ke depan ITMA DPD DIY berencana berkolaborasi dengan menggandeng para pemateri dari akademi pariwisata untuk training.

Dalam training ini juga diselenggarakan uji sertifikasi tour leader umrah dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Kami menargetkan sekitar 20-30 tour leader umrah bisa ikut uji sertifikasi ini,” kata Ikin. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rombongan Pelajar SMPN 3 Depok Sleman Terlibat Kecelakaan Saat Study Tour di Bali, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement