Advertisement

ASEAN Green Transport Rally 2023 Jelajahi Nusantara, PLN Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Media Digital
Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
ASEAN Green Transport Rally 2023 Jelajahi Nusantara, PLN Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik ASEAN Green Transport Rally. - ist - PLN

Advertisement

JOGJA—Peserta Touring Electric Vehicle bertajuk ASEAN Green Transport Rally 2023 yang beranggotakan personel Ditjen EBTKE, ASEAN Centre for Energy (ACE) dan institusi lain mengapresiasi ekosistem kendaraan listrik yang tersebar di Jawa dan Bali. Hal itu disampaikan saat peserta touring saat charging di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (20/8/2023).

Ketua rombongan yang juga merupakan Koordinator Investasi dan Kerja Sama Bioenergi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Trois Dilisusendi menyampaikan saat ini pemerintah sangat concern menekan emisi udara yang dihasilkan kendaraan transportasi. Dan dalam perjalanan ini pihaknya sudah bersinergi dengan PLN di titik-titik charging yang sudah dikoordinasikan.

Advertisement

"SPKLU dan pelayanannya sangat baik, Bahkan di SPKLU Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY ini menunggu mobil saat charging juga disediakan lounge untuk kenyamanan pelanggan," ujar Trois seperti dalam keterangan tertulis Rabu (23/8/2023).

Fandi, salah satu peserta pengguna Electric Vehicle (EV) / Mobil Listrik menyampaikan fasilitas ekosistem EV saat ini sudah sangat baik. "Dari segi infrastruktur sudah ada peningkatan, kita sebagai pengguna EV merasakan sudah tidak khawatir lagi saat berkendara. Bahkan sampai ke Bali pun saya rasa tidak akan ada masalah," ucap Fandi.

Ia menyampaikan harapannya agar ke depan jumlah titik SPKLU ditambah lagi agar tidak terjadi antrian saat charging.

BACA JUGA: Kabel Jalan Sarkem Jogja Bakal Ditanam seperti di Tugu Pal Putih

"Karena pasti ke depan pengguna EV akan menjamur. Karena keunggulan EV ini banyak sekali, selain sekarang jarak tempuhnya sudah bisa jauh, bebas ganjil-genap kalau di Jakarta dan lebih hemat tentunya. Terima kasih PLN sudah memfasilitasi," katanya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir dalam berkendara karena ekosistem EV yang dibangun PLN dengan Pemerintah saat ini sudah cukup baik.

"Saat ini sudah ada lebih dari 616 titik SPKLU di seluruh Indonesia, dan sudah terdapat 45 Unit dengan titik tersebar di seluruh Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Tentunya dari jumlah tersebut ke depan akan kami tambah kembali untuk kenyamanan pengguna EV," katanya.

Soffin menambahkan pihaknya bahkan melengkapi SPKLU tersebut dengan fasilitas menarik untuk semakin menambah kenyamanan pelanggan saat sedang menunggu waktu charging, seperti lounge ber-AC dan toilet yang nyaman dan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecelakaan, Sekolah di Bantul yang Ingin Study Tour Harus Izin ke Disdikpora

Bantul
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement