Advertisement

Wow! Transaksi Produk Makanan Minuman di Jogja Meningkat 2,5 Kali Lipat

Abdul Hamied Razak
Kamis, 31 Agustus 2023 - 06:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow! Transaksi Produk Makanan Minuman di Jogja Meningkat 2,5 Kali Lipat Media Workhsop Tokopedia digelar di Jogja, Rabu (30/8/2023). Ist - tokopedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Hyperlocal Tokopedia mencatat penjualan daging kambing, hampers makanan, beras hitam, cabai dan kopi literan di wilayah Jogja naik hingga 2,5 kali lipat dalam beberapa pekan terakhir.

Selain membantu pelaku usaha lokal menciptakan peluang, Hyperlocal Tokopedia juga mempermudah masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. Hyperlocal Tokopedia pun berdampak positif terhadap tren belanja online masyarakat Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA: Festival UMKM 2023: Tampilkan Produk Unggulan Berbagai Sektor di Kota Jogja

Data internal Tokopedia mencatat, secara keseluruhan, kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan diri), rumah tangga, fesyen, elektronik, olahraga dan hobi menjadi beberapa kategori produk paling laris selama setahun ke belakang.

“Pada kategori produk makanan dan minuman di Tokopedia, hampers makanan (kue kering, cokelat, buah), wortel dan beras ketan menjadi beberapa produk paling laris, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” ungkap Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega melalui rilisnya, Kamis (31/8/2023).

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries (termasuk makanan dan minuman serta perawatan diri).

“Selain itu, di DIY, daging kambing, hampers makanan (kue kering, cokelat), beras hitam, cabai hijau dan kopi literan menjadi beberapa produk makanan dan minuman yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat,” jelas Antonia.

Dia mengatakan, melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia, pelaku usaha di seluruh wilayah di Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi. Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging dan bertujuan mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah,” jelas Antonia.

Layanan pemenuhan pesanan di marketplace tersebut dilakukan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala. Penjual dapat menitipkan produk di gudang-gudang pintar Dilayani Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Dengan Dilayani Tokopedia, penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah, tanpa harus berpindah lokasi dan membuka toko cabang sendiri.

“Selama lebih dari 14 tahun berdiri, Tokopedia saat ini sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM. Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar kepada masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” kata Antonia.

Salah satu brand lokal Yogyakarta yang membangun bisnis bersama Tokopedia adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja. Sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2020 dan mengikuti beragam kampanye–seperti turunan Hyperlocal, yaitu KTP–pertumbuhan bisnis Bakpia Kukus Tugu Jogja kian melesat.

“Anggara Jati dan Rizka Wahyu ingin menciptakan produk bakpia yang berbeda dengan memadukan konsep modern dengan tetap mengedepankan nilai budaya serta keunikan lokal,” jelas Senior Brand Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja, Nurul Akbar.

Sejak bergabung dengan Tokopedia, Bakpia Kukus Tugu Jogja mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari brand awareness yang semakin meningkat di seluruh wilayah di Indonesia hingga penjualan yang terus melonjak. Bakpia Kukus Tugu Jogja juga memiliki tujuan dalam memberdayakan masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. “Hingga saat ini, Bakpia Kukus Tugu Jogja telah menyediakan lebih dari 700 jenis produk dari mitra UMKM di berbagai toko kami,” ungkap Akbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jaga Perikanan di Kulonprogo, Pemkab KP Libatkan Calon Pengantin

Kulonprogo
| Kamis, 16 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement