Advertisement

Ambarrukmo Gandeng UAJY & STP Ampta Kembangkan Agrowisata dan Agridaya di 3 Kalurahan

Media Digital
Selasa, 26 September 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ambarrukmo Gandeng UAJY & STP Ampta Kembangkan Agrowisata dan Agridaya di 3 Kalurahan Penandatanganan kerja sama antara Ambarrukmo Group, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Ampta Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Ambarrukmo Group mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Ampta Yogyakarta dalam mendukung pengembangan konsep pariwisata berbasis agrowisata dan agridaya di tiga kalurahan di DIY.

Kemitraan ini sejalan dengan komitmen kami untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan masyarakat di DIY. Kemitraan ini memiliki tujuan utama, yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kalurahan Tamanmartani (Sleman); Kalurahan Bangunkerto (Sleman); dan Kalurahan Pacarejo (Gunungkidul) melalui optimalisasi potensi hasil produksi yang ada di tiga wilayah tersebut.

Advertisement

Langkah ini sejalan dengan visi misi Gubernur-Wakil Gubernur DIY 2022-2027 yang bertujuan untuk mewujudkan Pancamulia Masyarakat Jogja melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, serta Pengembangan Budaya Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Penandatanganan kerja sama resmi dilakukan dua kali. Pertama berlangsung di Auditorium UAJY Kampus 3, Sleman, pada Senin (19/6/2023) dan dihadiri oleh Rektor UAJY, Dr. G. Sri Nurhartanto, Ketua STP Ampta Yogyakarta, Prihatno, MM, Managing Director Ambarrukmo Group, Haris Susanto, serta Ketua Project Program Agridaya, Desideria Cempaka Wijaya Murti.

Penandatanganan kerja sama yang kedua dilakukan di PORTA by Ambarrukmo pada Jumat (22/9/2023) dihadiri oleh perwakilan Kalurahan Tamanmartani (Sleman); Kalurahan Bangunkerto (Sleman); dan Kalurahan Pacarejo (Gunungkidul). 

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi ke-6, Grand Ambarukmo Hotel Gelar Pameran Seni Rupa Ibudaya

Managing Director Ambarrukmo Group, Haris Susanto menjelaskan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di sektor hospitality, Ambarrukmo Group menganggap pentingnya kajian akademis dalam mendukung setiap langkah usaha yang diambil.

"Kami hanya menjadi titik awal, seperti yang kami sampaikan dalam diskusi bersama UAJY dan Ampta, kami inginkan adanya kerjasama ini sebagai kajian akademis awal untuk menjadi basis yang lebih solid dengan langkah yang lebih baik," ujar dia melalui rilis, Selasa (26/9/2023). 

Ambarrukmo Group memiliki visi untuk 3-5 tahun ke depan sebagai program pendampingan dan pengembangan di area-area yang terlibat, serta potensi agrowisata dan agrobisnis yang akan muncul di wilayah tersebut.

Dengan melibatkan mahasiswa dan dosen UAJY, serta berbagai pemangku kepentingan lainnya, program ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan pengembangan potensi wilayah.

Kemitraan ini adalah contoh nyata bagaimana dunia usaha, pendidikan, dan pemerintah daerah dapat bersinergi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya inisiatif ini, Ambarrukmo Group bersama UAJY dan STP Ampta berkomitmen untuk merancang masa depan yang lebih cerah bagi kalurahan-kalurahan di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prevalensi Stunting di Bantul Masih Tinggi, Dinkes Bantul Siapkan Kebijakan Ini

Bantul
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement