Advertisement

Anak Muda Berbondong-bondong Menggunakan Mobile JKN

Sirojul Khafid
Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Anak Muda Berbondong-bondong Menggunakan Mobile JKN Suci Dwi Meliana. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Di zaman yang serba cepat, semua urusan sudah terangkum dalam genggaman, termasuk kesehatan. Untuk memudahkan dan mengefisienkan urusan kesehatan, Suci Dwi Meliana memanfaatkan fasilitas dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berupa Aplikasi Mobile JKN.

Sebagai karyawan customer service di perusahaan swasta di Jogja, kadangkala sif kerja tidak menentu. Bisa masuk pagi, siang, sore, malam, bahkan dini hari. Sehingga urusan administrasi BPJS Kesehatan kadang kala terkendala, apabila mengurus segala sesuatunya harus ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Advertisement

“Aku pakai Mobile JKN, karena bisa mengefisienkan waktu dan tenaga, semisal untuk cek data dan sebagainya,” kata Suci, beberapa waktu lalu.

Dalam satu aplikasi Mobile JKN, ada berbagai fitur termasuk cek data kepesertaan. Fitur itu bisa dimanfaatkan masyarakat apabila hendak mengubah data diri.

Fitur lain di antaranya informasi lokasi fasilitas kesehatan, Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), pendaftaran peserta baru, antrean online, informasi ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan, sampai konsultasi dokter.

BACA JUGA: Tipes dan Kondisi Tubuh Drop, BPJS Kesehatan Jadi Andalan

Semua urusan yang sebelumnya bisa memakan waktu beberapa puluh menit, sekarang hanya membutuhkan beberapa kali klik di ponsel. Meski sudah menjadi peserta JKN secara mandiri, beruntungnya Suci belum pernah mengakses layanan untuk pengobatan. Sejauh ini dia sehat wal afiat.

“Tetapi menjadi peserta JKN bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam hal kesehatan, bisa juga membantu dalam hal biaya, apabila nanti ada apa-apa,” kata perempuan asal Magelang berusia 23 tahun ini.

Manfaat Mobile JKN juga pernah Muhammad Faris Asfihany rasakan. Pria 25 tahun yang tinggal di Sleman ini bekerja sebagai fleet coordinator jasa ekspedisi di Jogja, yang memiliki mobilitas cukup padat. Sementara dia punya sakit gigi yang beberapa kali kumat.

“Pernah juga untuk mengambil antrean, jadi cukup memudahkan, karena semua layanan [dari Mobile JKN] dalam satu genggaman,” katanya. “Cepat dan enggak ribet.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Latih Tarung Berujung Maut di Sleman, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Sleman
| Rabu, 08 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement