Advertisement

Bakal Jadi Sentra UKM, Begini Update Pembangunan Eks Hotel Mutiara

Anisatul Umah
Minggu, 15 Oktober 2023 - 09:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bakal Jadi Sentra UKM, Begini Update Pembangunan Eks Hotel Mutiara Eks Hotel Mutiara. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal membangun sentra UKM di eks Hotel Mutiara.Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan pembangunan fisik rehab luar ditargetkan bakal rampung pada Oktober mendatang.

Namun setelah itu masih akan dilanjutkan pembangunan untuk tambahan-tambahan. Sehingga diharapkan bisa rampung dan digunakan pada 2025 mendatang.

Advertisement

"Pembangunan sekarang sudah, Oktober selesai fisik rehab luar, tapi 2024 masih ada keberlanjutan untuk tambahan. 2025 bisa [selesai] harapannya," ucapnya, Minggu (15/10/2023).

Ke depan masih akan dibahas lagi spesifikasi dari UKM premium yang akan bertempat di eks Hotel Mutiara ini. Akan disusun terkait kajian dan pengelolaanya.

"Kami baru bangun sekarang ke depan kami kembangkan ke produk UKM yang nantinya ada spek-spek khususnya premium dalam arti kita baru susun kajian pengelolaanya," lanjutnya.

BACA JUGA: Jadi Sentra UMKM Premium, Eks Hotel Mutiara Mulai Direnovasi

Sebelumnya dia menyampaikan gedung tersebut akan menjadi sentra pelaku UKM berbasis ekonomi kreatif (ekraf). Nantinya sejumlah UKM yang telah lolos kurasi akan dapat mempromosikan ide dan produknya di gedung tersebut.

"Disitu akan jadi pusat pelaku ekonomi kreatif yang nantinya produknya ada disitu, jualannya disitu. Namun harus memenuhi standar yang kita tentukan, seperti lolos kurasi."

Menurutnya pelaku UKM yang dapat menempati gedung tersebut harus terdaftar dalam Sibakul, kemudian juga harus memiliki manajemen keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kelembagaan yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Kamis 16 Mei 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Kamis, 16 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement