Advertisement

Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Hidroponik, The Phoenix Hotel Yogyakarta Panen Sayur-Mayur

Media Digital
Jum'at, 10 November 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Sulap Lahan Kosong Jadi Kebun Hidroponik, The Phoenix Hotel Yogyakarta Panen Sayur-Mayur Kebun hidroponik yang diinovasikan oleh Hotel Phoenix. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—The Phoenix Hotel Yogyakarta yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 9 kembali berinovasi dengan hal yang bermanfaat, yakni membuat kebun tanaman hidroponik yang terletak di lantai II, Gedung Phoenix 2.

Dibuat dengan memanfaatkan lahan kosong dan pipa-pipa tidak terpakai yang dialihfungsikan menjadi jalur pengairan tanaman hidroponik.

Advertisement

Pada Kamis (9/11/2023), Cluster General Manager, Rulvastina Randy yang didampingi oleh para HoD (Head of Department) dan tim dapur hotel, berhasil memanen langsung berbagai jenis sayuran hasil penanaman hidroponik untuk pertama kalinya, seperti pakcoy, caisim, selada hijau, selada merah, labu siam, tomat, dan cabai. Kegiatan bercocok tanam yang dilakukan kurang lebih selama satu bulan sebelumnya ini, ditinjau langsung oleh Cluster General Manager.

“Salah satu tujuan dibuatnya sistem penanaman hidroponik ini adalah untuk tambahan suplai sayur-mayur dalam memenuhi sebagian kebutuhan kitchen hotel, sehingga kami dapat menyajikan makanan yang lebih fresh, sehat, dan higienis. Selain itu, hasil panen dari kebun tanaman hidroponik ini juga dapat sedikit membantu dalam menghemat cost untuk belanja sayur-mayur”, ujar Rulvastina Randy melalui rilis, Kamis.

Proses penanaman yang kurang lebih selama tiga puluh hari dengan vitamin pilihan dan metode pengairan nonstop, membuat sayur-mayur tersebut tumbuh dengan baik dan sehat.

BACA JUGA: The Phoenix Hotel Yogyakarta Fogging Rumah Warga Cokrokusuman & Gondolayu Lor

Adapun langkah penanaman hidroponik ini meliputi proses pembibitan dengan menggunakan media tanam cocopeat sebagai pengganti pupuk selama kurang lebih tujuh hari. Kemudian dilanjutkan dengan pemindahan bibit ke pot kecil yang menggunakan media tanam rockwool.

Langkah terakhir yaitu melakukan perawatan setiap harinya dengan dilakukan pemberian vitamin. Terdapat dua metode untuk pemberian vitamin pada tanaman hidroponik, yaitu melalui penyemprotan setiap hari dan pengaliran air.

Di samping itu, dengan adanya kebun tanaman hidroponik ini, diharapkan dapat membuat pemandangan menjadi lebih indah dan segar bagi para tamu yang menginap di kamar yang balkonnya menghadap utara dan terletak di Gedung Phoenix 1. Kebun hidroponik ini dapat menjadi bahan rekreasi tersendiri bagi para tamu yang ingin melihatnya secara langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Pewarta Berjibaku di Turnamen Billiar Piala Wabup Sleman 2024 di 911 SCH, Ini Para Juaranya

Sleman
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement