Advertisement

Srikandi PLN Gelar Seminar di UGM, Gaungkan Transisi Energi

Media Digital
Kamis, 30 November 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Srikandi PLN Gelar Seminar di UGM, Gaungkan Transisi Energi Suasana seminar Srikandi PLN Goes to Campus yang digelar di auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM UGM, Selasa (28/11/2023). - Istimewa/PLN

Advertisement

SLEMAN—Ratusan mahasiswa mengikuti seminar yang digelar oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY melalui Srikandi PLN di auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM UGM, Selasa (28/11/2023). Seminar bertajuk Srikandi Goes to Campus tersebut fokus membahas tentang transisi energi.

Melalui kegiatan ini PLN berusaha memantik ide dan pemikiran kreatif mahasiswa terkait dengan langkah-langkah mendorong percepatan transisi energi. Selain itu, informasi seputar transformasi digital PLN turut menjadi pembahasan yang menarik dalam seminar ini.

Advertisement

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan upaya peningkatan ESG (environmental, social and governance) scoring merupakan salah satu pilar utama dalam strategi PLN. Komitmen PLN tidak hanya meningkatkan performa keuangan dan operasional, tetapi juga memberdayakan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang berkelanjutan.

PLN juga terus mendorong keberagaman, kesetaraan dan inklusi atau diversity, equity, and inclusion (DEI) di semua lini ekosistemnya. "Keberagaman dan kesetaraan adalah pendorong utama inovasi yang inklusif, sehingga kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, merangkul keberagaman dan memberdayakan setiap individu tanpa kecuali," kata Darmawan yang juga Pembina Tim Gugus Tugas Srikandi PLN tersebut, Kamis (30/11/2023).

General Manager PLN UID Jateng dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan PLN berkomitmen mempercepat transisi energi dan selalu berinovasi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Isu transisi energi memang sedang menjadi tren saat ini, PLN juga turut mendukung langkah tersebut dengan memberikan kemudahan layanan melalui digitalisasi seperti pengajuan PV Rooftop atau PLTS Atap melalui aplikasi PLN Mobile yang merupakan salah satu bundling layanan smart home dari PLN Icon Plus," ucapnya.

Pria yang juga menjadi Pembina Srikandi PLN itu menambahkan, pihaknya juga terus berupaya memberikan peluang setara bagi perempuan dalam karier di sektor energi.

Dia juga menyampaikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan Srikandi Goes to Campus. "Karena tidak hanya memberikan inspirasi tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang nantinya membentuk character building yang menjadi ciri khas setiap Srikandi PLN.

Penyemangat Mahasiswa
Rektor UGM, Ova Emilia berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut. Dia mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menjadi salah satu mitra UGM dalam mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang ketenagalistrikan maupun kegiatan lainnya.

"Semoga acara ini menjadi penyemangat bagi mahasiswa UGM untuk mengembangkan ide-ide kreatif serta mencari solusi serta alternatif dalam pemanfaatan sumber energi terbarukan,” ucap Ova.

Salah satu peserta seminar, Zulfa mengaku antusias mengikuti kegiatan ini. Dia berharap semakin banyak masyarakat yang turut mendorong langkah percepatan transisi energi.
"Sebetulnya langkah kecil dalam percepatan transisi energi sudah saya lakukan di rumah dengan beralih menggunakan sepeda listrik karena di daerah saya sudah tersedia stasiun pengisian listrik umum. Akses layanan untuk kendaraan listrik ini sendiri sudah bisa kita akses dengan mudah di aplikasi PLN Mobile.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lahir dengan Satu Tangan, Satriyo Dapat Bantuan Tangan Palsu dari Pemkot Jogja

Jogja
| Sabtu, 24 Februari 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement